Sintesis dan karakterisasi ferofluida kromium ferit sebagai aplikasi sensor medan magnet / Mar'atus Sholikhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi ferofluida kromium ferit sebagai aplikasi sensor medan magnet / Mar'atus Sholikhah

Sholikhah, Mar'atus (2022) Sintesis dan karakterisasi ferofluida kromium ferit sebagai aplikasi sensor medan magnet / Mar'atus Sholikhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferofluida adalah dispersi koloid dari partikel nano magnetik berlapis surfaktan dalam fasa kontinu. Ferofluida banyak dipelajari karena proses produksi yang ramah lingkungan biaya sintesis yang cukup murah dan memiliki beberapa keunggulan diantarannya homogenitas yang tinggi biokompatibel biodegradable dan dispersibilitas sehingga banyak digunakan dalam dunia industri dan bioteknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ukuran kristal morfologi partikel gugus fungsi sifat optik dan intensitas sensor medan magnet pada ferofluida kromium ferit. Pasir besi diperoleh dari hasil sparasi pasir pantai Sine Tulungagung. Metode sintesis yang digunakan adalah metode kopresipitasi dengan langkah awal pembuatan nanopartikel kromium ferit dan dilanjutkan dengan pembuatan ferofluida kromium ferit. Karakterisasi yang dilakukan adalah X-ray Diffraction (XRD) Scanning Electron Microscope (SEM) Fourier Transform Infrared (FTIR) Ultraviolet ndash Visible Spectrometry (UV-Vis) dan uji sensor medan magnet. Pada penelitian ini dihasilkan ukuran partikel yang bervariasi dari 6 41 ndash 8 64 nm ukuran partikel menurun seiring bertambahnya doping kromium. Hasil analisis SEM menunjukkan bahwa morfologi dari nano partikel kromium ferit berbentuk sferis dan memiliki diameter pada rentang 20-30 nm. Hasil analisis FTIR teridentifikasi adanya gugus fungsi Fe ndash O oktahedral dan Fe ndash O tetrahedral pada bilangan gelombang 479 ndash 420 cm-1 dan 740 - 577 cm-1 dan masuknya atom Cr ndash O. Selain itu teridentifikasi adanya vibrasi atom C-O yang terjadi akibat absorbsi CO2 pada permukaan partikel nano. Untuk nilai band gap pada karakterisasi UV-Vis adalah pada rentang 2 6 eV dan termasuk dalam material semikonduktor. Nilai intensitas pada pengujian sensor semakin menurun seiring bertambahnya doping kromium 0 1 mol 0 2 mol dan 0 3 mol yaitu secara berturut ndash turut adalah 12 lux 5 2 lux dan 4 7 lux. Ferofluida kromium ferit sebagai sensor medan magnet memiliki nilai intensitas tertinggi pada doping kromium 0 1 yaitu sebesar 12 lux. Sehingga dengan adanya doping kromium pada material Fe3O4 dapat meningkatkan intensitas sensor medan magnet saat nilai doping kromium 0 1 mol.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263947

Actions (login required)

View Item View Item