Sintesis dan karakterisasi Zn0.5Fe2.5O4-asam oleat/hidroksiapatit sebagai sistem penghantaran obat / Fauziyatul Iffah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi Zn0.5Fe2.5O4-asam oleat/hidroksiapatit sebagai sistem penghantaran obat / Fauziyatul Iffah

Iffah, Fauziyatul (2022) Sintesis dan karakterisasi Zn0.5Fe2.5O4-asam oleat/hidroksiapatit sebagai sistem penghantaran obat / Fauziyatul Iffah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian terkait perkembangan teknologi penghantaran obat terkontrol berbasis partikel nano magnetik masih terus dilakukan. Teknologi ini mampu menghantarkan obat kanker menuju target pengobatan secara terkontrol sehingga dapat mencegah efek samping penggunaan obat antikanker doxorubicin. Pada penelitian ini telah dilakukan sintesis Zn0.5Fe2.5O4-Asam Oleat/Hidroksiapatit (ZOH) sebagai sistem penghantaran obat dengan variasi volume asam oleat sebesar 0 2 4 6 8 dan 10 mL. Partikel nano Zn0.5Fe2.5O4-Asam Oleat disintesis menggunakan metode kopresipitasi dan dilanjut dengan pengkompositan Zn0.5Fe2.5O4-Asam Oleat/Hidroksiapatit menggunakan metode kalsinasi-kopresipitasi. Partikel nano ZOH diuji karakterisasinya menggunakan XRD SEM dan FTIR. Adapun kemampuan penghantaran obat partikel nano ZOH diuji dengan UV-Vis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi volume asam oleat terhadap struktur dan fase kristal morfologi gugus fungsi serta kemampuan drug loading dan drug release partikel nano ZOH. Hasil analisis XRD sampel dengan volume asam oleat 0 2 4 dan 6 mL menunjukkan adanya fase kristal Zn0.5Fe2.5O4 dan fase hidroksiapatit serta terjadi penurunan kristalinitas sampel dan ukuran kristal Zn0.5Fe2.5O4 seiring dengan bertambahnya volume asam oleat. Sedangkan pada sampel dengan volume asam oleat 8 dan 10 mL mengindikasikan fase yang terbentuk adalah amorf yang dapat disebabkan oleh komposisi Zn0.5Fe2.5O4 pada sampel yang relatif lebih sedikit dari pada asam oleat. Berdasarkan hasil analisis SEM diketahui bahwa terdapat penurunan diameter partikel nano ZOH seiring dengan bertambahnya volume asam oleat. Hasil analisis FTIR mengindikasikan bahwa fase Zn0.5Fe2.5O4 ditunjukkan dengan adanya vibrasi ikatan Fe-O dan Zn-O pada keseluruhan sampel fase hidroksiapatit ditunjukkan oleh adanya gugus PO4 3- gugus CO3 2- dan O-H pada keseluruhan sampel serta kandungan asam oleat ditunjukkan oleh adanya vibrasi CH2 COO- C-C dan O-H pada sampel dengan penambahan asam oleat. Hasil analisis UV-Vis menunjukkan bahwa partikel nano ZOH memiliki kemampuan dalam pemuatan obat dengan kapasitas berkisar antara 27.23 ndash 29.15 mg/g serta pelepasan obat yang relatif stabil dengan persentase pelepasan berkisar antara 37.98% - 79.15% dalam waktu 300 menit. Hal ini memberikan peluang bagi partikel nano ZOH dalam aplikasinya sebagai sistem penghantaran obat. Akan tetapi pemberian asam oleat tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perubahan drug loading dan release doxorubicin pada partikel nano ZOH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263943

Actions (login required)

View Item View Item