Sintesis dan karakterisasi komposit nano tife2o4-dietilamin/ag sebagai drug delivery system / Illa Aminatul Azizah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi komposit nano tife2o4-dietilamin/ag sebagai drug delivery system / Illa Aminatul Azizah

Azizah, Illa Aminatul (2022) Sintesis dan karakterisasi komposit nano tife2o4-dietilamin/ag sebagai drug delivery system / Illa Aminatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu metode yang efektif digunakan untuk menekan angka kematian disebabkan oleh kanker yaitu targeted teraphy atau drug delivery system (DDS). Pada metode tersebut komposit nano TiFe2O4-Dietilamin/Ag dapat dijadikan sebagai carrier karena mampu dikendalikan menuju sel target menggunakan medan magnet eksternal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur morfologi gugus fungsi drug loading dan release komposit nano TiFe2O4-Dietilamin/Ag. Metode yang digunakan untuk sintesis partikel nano TiFe2O4-Dietilamin adalah ko-presipitasi dengan variasi dietilamin sebesar 0 2 4 6 8 dan 10 mL. Kemudian komposit Ag dilakukan menggunakan metode reduksi. Berdasarkan hasil uji XRD menunjukkan bahwa ukuran partikel TiFe2O4 berhasil diperoleh dengan ukuran terkecil sebesar 9 190 25 nm pada TDA3. Hasil tersebut bersesuaian dengan analisis SEM yang menunjukkan penurunan peristiwa aglomerasi dan distribusi ukuran ukuran terkecil diperoleh pada TDA3 sebesar 39 00 3 nm. Selain itu pengaruh dietilamin pada uji FTIR menyebabkan semakin tajamnya puncak serapan gugus fungsi pembentuk TiFe2O4. Pada hasil uji UV-Vis memberitahukan bahwa DOX telah berhasil dimuat yang dibuktikan dengan ditemukannya puncak pada panjang gelombang 233 255 296 dan 497 nm. Berdasarkan analisis drug loading dan drug release menunjukkan komposit nano TiFe2O4-Dietilamin/Ag dengan volume dietilamin terbesar lebih efektif karena memiliki puncak DOX tertinggi dan pelepasan maksimum sebesar 98 32%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263941

Actions (login required)

View Item View Item