Sintesis dan karakterisasi nanokomposit tife2o4/peg/ac sebagai adsorben logam berat cadmium / Soffy Septya Noviatin - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi nanokomposit tife2o4/peg/ac sebagai adsorben logam berat cadmium / Soffy Septya Noviatin

Noviatin, Soffy Septya (2022) Sintesis dan karakterisasi nanokomposit tife2o4/peg/ac sebagai adsorben logam berat cadmium / Soffy Septya Noviatin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada penelitian ini digunakan bahan alam sebagai prekursor utama dalam pembentukan nanokomposit. Nanopartikel TiFe2O4 berbahan baku utama pasir besi dan Activated Carbon (AC) diproduksi dari tempurung kelapa. Beberapa identifikasi yang telah dilakukan meliputi pengaruh variasi massa karbon aktif terhadap struktur morfologi gugus fungsi dan performa adsorpsi dari nanokomposit TiFe2O4/PEG/AC terhadap logam berat Cadmium (Cd). Proses pembuatan AC dari bahan tempurung kelapa dengan serbuk AC yang di furnace pada suhu 600 ordm C selama 2 jam. serbuk TiFe2O4/PEG yang sudah dilarutkan ditambahkan secara perlahan ke dalam larutan AC dan di-sonikasi selama 30 menit. Larutan kemudian dipisahkan dari endapannya dan dicuci berulang-ulang sampai pH 7. Endapan TiFe2O4/PEG/AC dikeringkan dalam oven pada suhu 100 oC sekitar 1 jam. Posisi puncak tertinggi dari partikel nano TiFe2O4 mengalami pergeseran jika dibandingkan dengan posisi puncak tertinggi dari partikel nano Fe3O4. Parameter kisi dari TiFe2O4/PEG yang dihasilkan lebih besar (9 960 plusmn 0 044 ) dibandingkan dari partikel nano Fe3O4 (8 250 ndash 8 310 ). Analisis FTIR menunjukkan adanya puncak serapan AC yang mengandung gugus fungsi oksigen seperti C-O dan C O. Seiring adanya ikatan Fe-O yang terdeteksi pada bilangan gelombang 528 cm-1 puncak serapan tersebut melemah. Selanjutnya hasil karakterisasi AAS menunjukkan bahwa kapasitas adsorbsi untuk semua sampel cenderung fluktuatif seiring bertambahnya waktu kontak hal ini kemungkinan disebabkan oleh adanya situs aktif dari adsorben yang diisi oleh adsorbat. Lebih lanjut presentase serapan cadmium yang dihasilkan dari sampel AC dan nanokomposit TiFe2O4/PEG/AC dengan massa AC 3 5 g cukup tinggi yaitu 93 36 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263938

Actions (login required)

View Item View Item