Pengaruh suhu annealing swcnt terhadap kinerja sel surya berbasis si/swcnt/zno / Olga Dilivia Ardila - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh suhu annealing swcnt terhadap kinerja sel surya berbasis si/swcnt/zno / Olga Dilivia Ardila

Ardila, Olga Dilivia (2022) Pengaruh suhu annealing swcnt terhadap kinerja sel surya berbasis si/swcnt/zno / Olga Dilivia Ardila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kebutuhan sel surya dengan material berbiaya rendah dan proses fabrikasi sederhana perlu dikembangkan di era saat ini. Pengembangan material karbon dengan semikonduktor silikon dalam aplikasi sel surya menarik perhatian karena dapat berhibridisasi membentuk C/Si heterojunction. SWCNT adalah jenis karbon dengan sifat unik yang dapat berkontribusi dalam aplikasi sel surya. Sel surya SWCNT/Si menjadi perhatian khusus karena memberikan penawaran yang menjanjikan dalam teknologi fotovoltaik. Perlakuan kimia seperti purifikasi terhadap SWCNT perlu dilakukan untuk mengurangi impuritas pada SWCNT yang dapat menurunkan kinerja sel surya. Selain itu kualitas SWCNT juga dapat dipengaruhi oleh suhu annealing. Oleh karena itu pada penelitian ini akan dilakukan kajian untuk meningkatkan kinerja sel surya melalui pengaruh suhu annealing SWCNT. Penelitian ini terdiri dari 3 tahap yakni pemurnian SWCNT menggunakan metode kimia deposisi SWCNT dan ZnO masing-masing menggunakan metode spray coating dan spin coating. Karakterisasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah XRD SEM dan UV-Vis. Pengujian respon fotodetektor dan performa efisiensi sel surya dilakukan menggunakan pengujian J-V di bawah penerangan solar simulator. Hasil karakterisasi menunjukkan semakin tinggi suhu annealing memberikan hasil yang cukup linier yaitu peningkatan kristalinitas penurunan diameter fiber SWCNT peningkatan nilai porositas dari 70 0% menjadi 74 8% peningkatan absorbansi dan penurunan energi celah pita. Pengujian pada solar simulator menghasilkan fotorespon arus yang melonjak tinggi dan peningkatan efisiensi sel surya dari 17 0% menjadi 18 6%. Oleh karena itu dengan adanya peningkatan suhu annealing terhadap SWCNT dipandang dapat meningkatkan performa kinerja sel surya Si/SWCNT/ZnO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263927

Actions (login required)

View Item View Item