Sintesis dan karakterisasi ferrofluida magnetite dari pasir besi serta potensinya sebagai sensor suhu / Putri Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi ferrofluida magnetite dari pasir besi serta potensinya sebagai sensor suhu / Putri Fauziah

Fauziah, Putri (2022) Sintesis dan karakterisasi ferrofluida magnetite dari pasir besi serta potensinya sebagai sensor suhu / Putri Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sintesis Nanopartikel Fe3O4 berhasil dilakukan menggunakan metode kopresipitasi pada temperature ruang. Sintesis dilakukan dengan mencampur pasir besi dengan HCl sebagai pelarut dan NH4OH sebagai pengendap. Hasil endapan yang terbentuk dicuci dengan aquades hingga mencapai pH normal (pH 7) kemudian dikeringkan dalam oven pada suhu 100 selama 1 jam. Sebagian dari hasil endapan digunakan sebagai pembuatan ferrofluida sedangkan bubuk hasil pengeringan dikarakterisasi menggunakan alat X-Ray Diffraction (XRD) menghasilkan ukuran kristal sekitar 11 03 nm. Untuk FTIR menampilkan beberapa gelombang serta gugus fungsi yang terbentuk dari Fe3O4 sedangkan Scanning Electron Microscopy (SEM) memperoleh distribusi ukuran partikel nano Fe3O4 sebesar 37 5 nm serta UV-Vis Sectroscopy didapatkan nilai energy band gap sebesar 2 9 eV. Pada penelitian ini dilakukan pengamatan eksperimental pengaruh suhu pada sifat optic ferrofluida yang terdiri dari nanopartikel Fe3O4 oleh sinar laser sehingga sensor suhu dikembangkan berbasis ferrofluida magnetit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263925

Actions (login required)

View Item View Item