Sintesis dan karakterisasi komposit nano mgxfe3-xo4/tio2/ac sebagai kandidat penyerap PB (II) / Berliantty Warim Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi komposit nano mgxfe3-xo4/tio2/ac sebagai kandidat penyerap PB (II) / Berliantty Warim Putri

Putri, Berliantty Warim (2022) Sintesis dan karakterisasi komposit nano mgxfe3-xo4/tio2/ac sebagai kandidat penyerap PB (II) / Berliantty Warim Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sampai saat ini limbah cair yang dihasilkan oleh industri banyak mengandung logam berat yang dapat membahayakan kesehatan dan lingkungan khususnya perairan. Pb(II) adalah logam berat paling berbahaya karena dapat ditemukan dimana saja seperti kaleng makanan mainan anak cat dekorasi bahkan kosmetik. Dari berbagai teknik yang telah dikembangkan adsorpsi adalah proses yang paling menguntungkan secara ekonomi dan teknis untuk menghilangkan logam berat dari air limbah industri berkonsentrasi tinggi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komposisi Mg terhadap struktur kristal dan parameter kisi sampel menggunakan karakterisasi XRD mengetahui morfologi sampel menggunakan karakterisasi SEM mengetahui gugus sampel menggunakan karakterisasi FT-IR mengetahui nilai energi band gap dari sampel menggunakan karakterisasi UV-Vis dan mengetahui kadar logam Pb(II) pada sampel uji dengan karakterisasi AAS. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa komposit nano MgxFe3-xO4/TiO2/Karbon Aktif berhasil disintesis menggunakan metode kopresipitasi. Hasil karakterisasi XRD menggunakan analisis 2 fase memperlihatkan bahwa semakin bertambahnya fraksi molar Mg pada komposit nano maka puncak difraksi mengalami pergeseran 2 theta yang lebih rendah. Hasil uji FTIR menunjukkan bahwa komposit nano MgxFe3-xO4/TiO2/Karbon Aktif memiliki gugus fungsi Fe-O pada posisi tetrahedral dan octahedral dengan gugus fungsi Mg-O dan Fe-O berada pada rentang bilangan gelombang 800 ndash 500 cm-1. SEM menunjukkan morfologi dari komposit nano MgxFe3-xO4/TiO2/Karbon Aktif cenderung beraglomerasi dengan distribusi ukuran partikel antara 37 33 ndash 53 24 nm. Energi band gap yang dihasilkan dari analisis uji UV-Vis adalah 2 716 ndash 3 492 eV. Sedangkan efesiensi serapan logam Pb(II) oleh komposit nano MgxFe3-xO4/TiO2/Karbon Aktif mencapai 98 31% - 99 99%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263924

Actions (login required)

View Item View Item