Simulasi pembentukan helmet streamer dengan superposisi dua fungsi solusi magnetohidrodinamika / Syarifuddin Al Mu'afi - Repositori Universitas Negeri Malang

Simulasi pembentukan helmet streamer dengan superposisi dua fungsi solusi magnetohidrodinamika / Syarifuddin Al Mu'afi

Al Mu'afi, Syarifuddin (2022) Simulasi pembentukan helmet streamer dengan superposisi dua fungsi solusi magnetohidrodinamika / Syarifuddin Al Mu'afi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Helmet streamer adalah salah satu aktivitas matahari yang disebabkan oleh energi yang dihasilkan dari reaksi fusi nuklir pada inti matahari. Helmet streamer merupakan daerah medan tertutup magnet yang membatasi plasma korona. Perjalanan terbentuknya daerah tersebut belum diketahui selama ini. Helmet streamer merupakan awal dari tanda terbentuknya CME yang berdampak pada aktivitas di bumi. Telah disimulasikan mekanisme evolusi helmet streamer dari awal terbentuknya hingga menjadi bentuk yang bisa diamati. Evolusi pembentkan Helmet Streamer disandarkan pada model persamaan MHD (Magnetohydrodinamic). Persamaan medan dan merupakan dua fungsi solusi MHD dua fungsi dan serta superposisinya disimulasi menggunakan software Phyton sedangkan simulasi perjalanan terbentuknya struktur helmet streamer disimulasi dengan software Fortran. Hasil visualisasi struktur helmet streamer menunjukkan bahwa solusi persamaan MHS (Magnetohydrostatic) tampak pada lapisan korona bawah. Ketika berkembang mendekati keadaan setimbang kondisi medan magnet akan mengikuti solusi persamaan MHD. Hasil ini mengonfirmasi bahwa solusi persamaan MHD lebih bersesuaian dengan realitas fisis daripada solusi persamaan MHS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263917

Actions (login required)

View Item View Item