Sistem monitoring kualitas air menggunakan node-red dan nodemcu berbasis IOT / Renaldi Dwi Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem monitoring kualitas air menggunakan node-red dan nodemcu berbasis IOT / Renaldi Dwi Saputra

Saputra, Renaldi Dwi (2022) Sistem monitoring kualitas air menggunakan node-red dan nodemcu berbasis IOT / Renaldi Dwi Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem monitoring kualitas air secara real-time ini merupakan konsep pengembangan sistem untuk mendukung revolusi industri 4.0. Sistem monitoring ini berbasis IoT yang diintregrasikan dengan platform Node-RED agar bisa dipantau secara real-time. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem monitoring secara real-time menampilkan hasil monitoring menggunakan platform Node-RED mengkalibrasi perangkat dan memvalidasi perangkat dengan alat standar laboratorium. Komponen utama yang digunakan yaitu NodeMCU ESP32 sebagai mikrokontroller Sensor suhu DS18B20 untuk mengukur suhu pada air Sensor pH4502C untuk mengukur tingkat pH pada air dan Sensor Gravity TDS Meter v1.0 untuk mengukur total padatan yang terlarut dalam air. Penelitian ini diawali dengan membangun sebuah sistem perangkat keras dan perangkat lunak kemudian membangun sebuah konektivitas antara kedua sistem hingga menghasilkan nilai output yang akan ditampilkan dengan platform Node-RED dengan bantuan MySQL sebagai database. Hasil kalibrasi pada sensor pH terbaca dalam bentuk tegangan. Pada tegangan 0.97 V menghasilkan pH 4.11 tegangan 1.46 V menghasilkan pH sebesar 6.21 dan pada tegangan 2.40 V menghasilkan pH 10.25. Validasi sensor suhu menghasilkan error tertinggi dengan 1.92% dan error terendah mencapai 0.01%. Sensor pH mendapatkan nilai error tertinggi mencapai 1.72% dan terendah 0.07% . Pada validasi sensor TDS menghasilkan nilai error terendah yaitu 0.15% sedangkan tertinggi mencapai 0.99%. Realibilitas perangkat pada penelitian ini dengan alat standar menghasilkan nilai yang cukup konsisten setiap sepuluh menit dalam satu jam pengujian pada sampel yang sama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263914

Actions (login required)

View Item View Item