Analisis event gempa bumi periode 2010-2021 berdasarkan jalur sesar di wilayah Jawa Timur / Masrurotur Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis event gempa bumi periode 2010-2021 berdasarkan jalur sesar di wilayah Jawa Timur / Masrurotur Rohmah

Rohmah, Masrurotur (2022) Analisis event gempa bumi periode 2010-2021 berdasarkan jalur sesar di wilayah Jawa Timur / Masrurotur Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jawa Timur merupakan salah satu Wilayah dengan aktivitas seismo-vulkanik yang tinggi. Strukur batuan geologi yang ada di Jawa Timur didominasi oleh rangkaian pegunungan selatan yang memanjang dari barat ke timur sepanjang wilayah selatan Pulau Jawa. Jawa timur termasuk dalam Wilayah yang rawan terjadi bencana geologi hal ini dikarenakan sesar aktif dibagian utara dan selatan Jawa Timur serta terdapat Palung Jawa sebagai struktur geologi yang menandai zona subduksi aktif. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis event gempa bumi berdasarkan kedalaman dan magnitudo gempa yang akan dikaitkan dengan titik gempa yang berada di jalur sesar. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder gempa bumi yang didapat dari situs BMKG dengan magnitudo 2 2-6 5 SR pada kedalaman 0-300 km yang berlokasi antara 110 0-114 4 BT dan 7 12-8 48 LS. Berdasarkan hasil analisis Wilayah Jawa Timur memiliki kedalaman gempa yang dangkal dan magnitudo mikro ringan serta sedang. Terdapat enam titik gempa bumi yang berada pada jalur sesar yang menjadi penyebab utama adanya titik fokus gempa yang terjadi pada daerah penelitian.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263910

Actions (login required)

View Item View Item