Analisis medan magnet Ferofluida berbasis Fe3O4 dengan variasi suhu / Aziza Tanzila Meilenia - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis medan magnet Ferofluida berbasis Fe3O4 dengan variasi suhu / Aziza Tanzila Meilenia

Meilenia, Aziza Tanzila (2022) Analisis medan magnet Ferofluida berbasis Fe3O4 dengan variasi suhu / Aziza Tanzila Meilenia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketersediaan pasir besi ini sangat berlimpah di Indonesia akan tetapi pemanfaatannya masih sedikit membuat parailmuwan tertarik untuk menggunakan material tersebut salah satunya mengembangkan pasir besi sebagai ferofluida.Tujuan dari penelitian ini adalah membuat ferofluida menggunakan surfaktan Tetramethylammonium Hydroxide(TMAH) dan medium H2O untuk mencegah aglomerasi dari Fe3O4 ferofluida yang dihasilkan dilihat medan magnetnyapada suhu rendah dan suhu tinggi. ferofluida dikarakterisasi dengan XRD untuk mengetahui komposisi fase ukuranpartikel dan parameter kisi sedangkan data diambil pada sudut 10 deg - 90 deg . Uji VSM dilakukan untuk mengetahui sifatmagnetik dari sampel ferofluida dan Uji medan magnet pada empat keadaan yang berbeda yaitu pada suhu 53 25 14 dan -4 untuk mengetahui besar medan magnet dari sampel ferofluida. Pada penelitian ini hasil dari uji XRDpada Fe3O4 diperoleh kesesuaian dengan data model ICSD 30860 menggunakan software rietica dengan ukuran kristalsebesar 10 82 nm serta puncak tertinggi pada 2 theta 35 63 deg hal ini mengindikasikan bahwa Fe3O4 layak digunakan untukmembuat ferofluida. Hasil uji VSM pada ferofluida menunjukkan bahwa sifat magnetik paling tinggi pada variasi 0 1 mlH2O dengan nilai Ms 3 692 plusmn 0 008 (emu/gr) oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa surfaktan berhasil mengatasiaglomerasi dari Fe3O4. Hasil uji medan magnet pada empat keadaan tersebut menunjukkan bahwa ferofluida yangmemiliki medan magnet tertinggi adalah ferofluida pada suhu -4 . Hal ini dapat disimpulkan bahwa pada suhu rendahsifat magnet meningkat karena gerak partikel dari ferofluida pada suhu rendah menjadi terbatasi akibatnya momenmagnetik dari masing-masing partikel tersebut menjadi lebih terarah sehingga medan magnet dari magnetik cairmenjadi lebih tinggi.Berbanding terbalik pada suhu tinggi karena ferofluida lebih encer maka gerak partikel ferofluidapada suhu tinggi menjadi lebih cepat sehingga medan magnet dari magnetik cair lebih rendah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263906

Actions (login required)

View Item View Item