Sintesis dan karakterisasi komposit fe3o4/zno/pvp/pabs untuk aplikasi photodetector / Mohamad Dimas Amardika - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi komposit fe3o4/zno/pvp/pabs untuk aplikasi photodetector / Mohamad Dimas Amardika

Amardika, Mohamad Dimas (2022) Sintesis dan karakterisasi komposit fe3o4/zno/pvp/pabs untuk aplikasi photodetector / Mohamad Dimas Amardika. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Photodetector semikonduktor adalah jenis fotodetektor yang paling banyak digunakan dalam sistem komunikasi optik karena ukurannya yang kecil kecepatan deteksi yang cepat dan efisiensi deteksi yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi komposit Fe3O4/ZnO/PVP/PABS untuk aplikasi photodetector. Metode yang digunakan untuk pembuatan komposit Fe3O4/ZnO adalah kopresipitasi. Fabrikasi lapisan tipis Fe3O4/ZnO/PVP/PABS menggunakan teknik spin coating dengan variasi PABS yaitu 5% 7 5% 10% 12 5% dan 15%. Hasil material komposit dikarakterisasi menggunakan XRD untuk mengetahui struktur fase dan parameter kisi dari sampel yang terbentuk FTIR untuk mengetahui gugus fungsi sampel yang terbentuk dan UV-Vis untuk mengetahui absorbansi dan nilai bandgap material. Hasil Refinement Rietica XRD menunjukkan bahwa ukuran Fe3O4 yang terbentuk dalam komposit pada rentang 11 19-11 46 nm dan ZnO sebesar 35 78-36 34 nm. Analisis data XRD juga menunjukkan puncak baru intensitas lemah pada sudut sim 17 8 32 3 dan 33 8. Hal ini menunjukkan adanya kehadiran dari polimer PABS. Hasil FTIR menunjukkan adanya ikatan serapan benzene SO asymetric dan symetric S O dan C-S merupakan karakteristik dari polimer PABS. Analisis FTIR juga menunjukkan ikatan gugus fungsi carbonil (C O) C ndash N dan CH2 adalah representasi dari polimer PVP. Fe3O4/ZnO/PVP/PABS yang terbentuk memiliki energi band gap pada rentang 1 69-2 81 eV. Nilai energi band gap tersebut masuk kategori energi-gap semikonduktor(0-3eV) sehingga dapat dikatakan material Fe3O4/ZnO/PVP/PABS memiliki potensi untuk aplikasi photodetector.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263903

Actions (login required)

View Item View Item