Permana, Anggara Widi (2011) Studi tentang prosedur dan hasil belajar LKS siswa SMP Negeri 2 Singosari Kabupaten Malang / Anggara Widi Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Biologi LKS Saat ini di sekolah-sekolah banyak ditemui penggunaan buku jenis LKS (Lembar Kerja Siswa) yang sebenarnya merupakan buku rangkuman materi pelajaran yang disertai dengan kumpulan soal terutama soal-soal pilihan ganda. Dalam LKS jenis ini materi pelajaran biasanya disampaikan dalam bentuk uraian/bacaan bahkan sudah keluar dari makna sebenarnya dari LKS itu sendiri yang merupakan kumpulan dari soal/pertanyaan. Umumnya siswa langsung membaca dan mengerjakan latihan soal bukannya membaca materi terlebih dahulu. Penggunaan LKS dalam pembelajaran Biologi di SMP Negeri 2 Singosari hanya sebatas sebagai alat bahan ajar. Guru hanya menggunakan LKS sebagai sumber bacaan dan sebagai alat penilaian siswa. Pembelajaran tidak mengarahkan pada proses penemuan konsep oleh siswa sendiri yang salah satu caranya bisa menggunakan LKS. Dengan demikian perlu adanya penelitian terhadap prosedur pembelajaran menggunakan LKS di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan LKS yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 2 Singosari (2) prosedur pembelajaran biologi menggunakan LKS di SMPN 2 Singosari dan (3) hasil belajar yang hanya berdasarkan LKS siswa SMPN 2 Singosari pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil observasi pelaksanaan pembelajaran Biologi hasil wawancara dengan informan di SMP Negeri 2 Singosari dan dari kajian dokumen. Informan di sini adalah guru dan siswa yang sedang atau sudah melaksanakan pembelajaran Biologi menggunakan Lembar Kerja Siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa (1) LKS yang digunakan dalam pembelajaran biologi di SMP Negeri 2 Singosari kurang sesuai dengan indikator pencapaian kompetensi dan memiliki tingkat pengetahuan yang terlalu tinggi untuk siswa SMP (2) proses pembelajaran yang menggunakan LKS di SMPN 2 Singosari bukanlah menekankan pada penggunaan lembar kerja pada kegiatan belajarnya melainkan hanya menekankan pada penggunaan materi dan latihan soal yang ada pada LKS (3) pembelajaran yang dilakukan berorientasi pada buku teks dan disampaikan melalui media verbal (ceramah) yaitu sebanyak 87 5% dari semua proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilaksanakan tidak mengarah kepada pembelajaran inkuiri ilmiah dan pemberian pengalaman langsung yang merupakan ciri utama pembelajaran IPA masa kini (4) hasil belajar LKS siswa di SMPN 2 Singosari diperoleh dari jawaban siswa pada latihan soal pada LKS dan tes formatif (berupa ulangan harian). Kesalahan siswa dalam mengerjakan latihan soal dan uji kompetensi umumnya ditemui pada soal yang jawabannya tidak bisa ii ditemukan secara langsung pada teks/rangkuman materi yang terdapat pada LKS. Hasil belajar siswa pada Latihan Soal pada LKS cenderung tinggi atau berada di atas nilai KKM. Sedangkan hasil tes formatif siswa cenderung rendah atau berada di bawah nilai KKM. Diharapkan kepada pembelajaran serupa yaitu yang menggunakan LKS untuk lebih memperhatikan penggunaan lembar kerja itu sendiri dibandingkan penggunaan materi dan latihan soal yang ada di dalamnya. Penilaian kerja siswa pada latihan soal dan uji kompetensi sebaiknya tidak digunakan sebagai alat pengambilan nilai raport karena ini tidak sesuai dengan prinsip LKS.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/26386 |
Actions (login required)
View Item |