Isolasi sekuen internal transcribed spacer (ITS 1 -5.88-ITS 2) dari didymoplexis paliens griff. / Mo Awwanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Isolasi sekuen internal transcribed spacer (ITS 1 -5.88-ITS 2) dari didymoplexis paliens griff. / Mo Awwanah

Awwanah, Mo (2011) Isolasi sekuen internal transcribed spacer (ITS 1 -5.88-ITS 2) dari didymoplexis paliens griff. / Mo Awwanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Isolasi Sekuen Internal Transcribed Spacer (ITS1-5.8S-ITS2) Didymoplexis pallens Griff. Didymoplexis merupakan salah satu anggrek di Pulau Jawa yang memiliki karakter morfologi serta pola hidup yang menarik untuk dipelajari. Didymoplexis banyak ditemukan di rumpun bambu. Didymoplexis yang ditemukan di Taman Nasional Alas Purwo Jawa Timur tumbuh di rumpun Gigantochloa hasskarliana (Kurz) Back dan Bambusa spinosa auct. non Hamilt. Hasil identifikasi secara morfologi terhadap Didymoplexis yang tumbuh di dua rumpun bambu yang berbeda menunjukkan bahwa keduanya tergolong dalam Didymoplexis pallens Griff. ITS adalah salah satu penanda genetik dari gen ribosomal 45S rDNA. Data sekuen ITS pada D. pallens Griff. belum dilaporkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sekuen ITS1-5.8S-ITS2 D. pallens Griff. yang tumbuh di rumpun G. haskarliana (Kurz) Back dan B. spinosa auct. non Hamilt. Sekuen ITS1-5.8S-ITS2 diisolasi dengan metode amplifikasi Polymerase Chain Reaction (PCR) dilanjutkan dengan sekuensing. Sekuen yang diperoleh dianalisis secara deskriptif menggunakan program Peak Trace BioEdit BLAST dan Clustal X. Hasil isolasi dari sampel D. pallens Griff. yang tumbuh di rumpun G. hasskarliana (Kurz) Back fragmen DNA sepanjang 377 basa pada dan dari sampel D. pallens Griff di rumpun B. spinosa auct. non Hamilt sepanjang 339. Perbandingan sekuen dari kedua sampel menunjukkan perbedaan pada beberapa basa nukleotida penyusunnya. Hasil analisis dengan BLAST menunjukkan bahwa sekuen yang berhasil diisolasi memiliki kecocokan yang rendah dengan sekuen ITS1-5.8S-ITS2 dari data GeneBank. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa sekuen ITS1-5.8S-ITS2 dari kedua sampel tidak diperoleh sehingga penelitian ulang perlu dilakukan untuk mengisolasi sekuen ITS1-5.8S-ITS2 D. pallens Griff. secara utuh dengan rancangan primer dan siklus PCR yang lebih tepat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26385

Actions (login required)

View Item View Item