Perbandingan model peramalan gm(3,1) dengan analisis fourier pada masalah suhu udara / Siska Purwati - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbandingan model peramalan gm(3,1) dengan analisis fourier pada masalah suhu udara / Siska Purwati

Purwati, Siska (2022) Perbandingan model peramalan gm(3,1) dengan analisis fourier pada masalah suhu udara / Siska Purwati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suhu udara merupakan salah satu iklim yang perlu diamati untuk berbagai keperluan sehingga perlu adanya peramalan untuk mempermudah penggunaan. Data suhu udara berbentuk fluktuatif yang cocok digunakan dengan beberapa metode peramalan. Peramalan yang digunakan pada penelitian ini adalah model Grey Forecasting dan Analisis Fourier. Penelitian ini akan membandingkan akurasi dari kedua metode tersebut. Model Grey Forecasting yang digunakan adalah GM(3 1) dengan menggunakan persamaan diferensial berorde 3 (tiga) dan 1 (satu) variabel. Sedangkan Analisis Fourier menggunakan Fast Fourier Transform untuk menentukan periode dan aproksimasi Deret Fourier untuk peramalan suhu udara. Berdasarkan perhitungan mengunakan Fast Fourier Transform diperoleh periode suhu udara di Pos Pengamatan Karangkates Kabupaten Malang dari tahun 2015 hingga tahun 2021 sebesar 10 5 asymp 11 bulan dengan aproksimasi deret fourier berorde 1. Selanjutnya dengan menggunakan MAPE untuk menentukan nilai error GM(3 1) diperoleh nilai MAPE 3.3161 times 105 pada data sebelas ketujuh dari suhu udara dan sebesar 1.3690 times 1022 untuk seluruh data suhu udara. Karena error model GM(3 1) gt 50% maka dapat dikategorikan sebagai peramalan lemah dan tidak akurat. Sedangkan error pada Analisis Fourier sebesar 2.6331 pada data 11 (sebelas) ketujuh dan sebesar 4.9756 untuk seluruh data suhu udara. Hal ini berarti nilai error Analisis Fourier kurang dari 10% maka dapat dikategorikan sebagai peramalan dengan tingkat akurasi yang tinggi. Dengan demikian akurasi terbaik dari kedua metode tersebut adalah Analisis Fourier.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263803

Actions (login required)

View Item View Item