Optimasi produksi dengan model goal programming menggunakan metode branch and bound / Auzia Rezita Jamil - Repositori Universitas Negeri Malang

Optimasi produksi dengan model goal programming menggunakan metode branch and bound / Auzia Rezita Jamil

Jamil, Auzia Rezita (2022) Optimasi produksi dengan model goal programming menggunakan metode branch and bound / Auzia Rezita Jamil. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Goal programming merupakan model optimasi yang menyelesaikan masalah optimasi dengan lebih dari satu tujuan (multiobjrctive) dengan target yang harus dicapai. Adapun metode branch and bound merupakan metode yang digunakan untuk menemukan solusi integer dengan melakukan percabangan dan pembatasan. Home industry songkok Zainul Arief merupakan usaha di Desa Pengangsalan Lamongan yang bergerak di bidang produksi songkok. Beberapa faktor produksi di home industry ini adalah bahan baku waktu permintaan serta mesin jahit. Untuk mengoptimalkan berapa faktor produksi tersebut dalam penelitian ini akan dilakukan pengoptimalan menggunakan model goal programming dengan memodelkan setiap kendala faktor produksi dengan penambahan variabel deviasi dan mengimplementasikan metode branch and bound untuk memperoleh solusi integer. Hasil yang diperoleh pada model non-preemptive goal programming adalah tercapainya setiap sasaran yaitu pada sasaran keuntungan jam kerja penggunaan bahan baku penggunaan mesin dan pemenuhan permintaan. Pada model goal programming dengan prioritas diperoleh solusi non-integer sehingga dilakukan perhitungan dengan metode branch and bound untuk memperoleh solusi integer. Perhitungan dengan branch and bound menghasilkan sebanyak enam cabang dengan dua solusi integer optimal yaitu subproblem A2 dan C1. Dari kedua solusi tersebut solusi subproblem A2 adalah solusi yang mencapai semua target sasaran seperti yang diberikan oleh solusi non-preemptive goal progemming. Dimana perolehan keuntungan adalah sebesar Rp 15.300.000. dengan jumlah produksi songkok model polos nomor 5 sebanyak 275 buah model polos nomor 6 sebanyak 375 buah model polos nomor 7 sebanyak 275 buah model full AC nomor 5 sebanyak 300 buah model full AC nomor 6 sebanyak 325 buah dan model full AC nomor 7 sebanyak 200 buah selama satu bulan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:09
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263796

Actions (login required)

View Item View Item