Sistem pakar diagnosa penyakit cacingan pada orang dewasa menggunakan metode naive bayes berbasis web / Dwi Hardiyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem pakar diagnosa penyakit cacingan pada orang dewasa menggunakan metode naive bayes berbasis web / Dwi Hardiyanti

Hardiyanti, Dwi (2022) Sistem pakar diagnosa penyakit cacingan pada orang dewasa menggunakan metode naive bayes berbasis web / Dwi Hardiyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prevalensi cacingan di Indonesia pada umumnya masih sangat tinggi terutama pada golongan penduduk yang kurang mampu dengan sanitasi yang buruk. Penyakit cacingan dapat mengganggu metabolisme kesehatan kenyamanan dan asupan nutrisi pada tubuh sehingga produktivitas bisa menurun. Namun banyak masyarakat yang mengabaikan penyakit cacingan dengan malas untuk melakukan pemeriksaan penyakit cacingan di puskesmas dengan alasan biaya yang mahal. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pakar yang dapat menggantikan seorang pakar dalam mediagnosa penyakit cacingan. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang suatu sistem pakar diagnosa penyakit cacingan pada orang dewasa dengan harapan dapat memudahkan masyarakat untuk melakukan pemeriksaan secara mandiri untuk mengetahui apakah terjangkit penyakit cacingan. Metode Naive Bayes digunakan dalam perancangan sistem pakar ini untuk menghitung bobot dari setiap penyakit dengan gejala yang dipilih. Subjek penelitian ini menggunakan data 6 jenis penyakit cacingan dan 19 gejala penyakit cacingan yang didapatkan dari berbagai referensi pada jurnal buku maupun dari internet yang telah divalidasi melalui wawancara dr. Annora Marsha Sunparta yang merupakan dokter di puskesmas Paciran. Berdasarkan pengujian akurasi sistem yang dilakukan menggunakan 20 data uji coba dan membandingkan hasil yang didapat dari sistem dengan pendapat dokter diperoleh nilai akurasi sistem sebesar 80% akurat. Hasil uji coba black-box sistem juga dapat berjalan sesuai yang diinginkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263789

Actions (login required)

View Item View Item