Prototipe sistem pembelajaran query sql dan nosql berbasis web / Sholikhatun Khasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Prototipe sistem pembelajaran query sql dan nosql berbasis web / Sholikhatun Khasanah

Khasanah, Sholikhatun (2022) Prototipe sistem pembelajaran query sql dan nosql berbasis web / Sholikhatun Khasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Basis data tidak bisa dilepaskan dari aplikasi komputer web atau mobile. Bertambahnya jenis dan pengguna aplikasi menyebabkan bertambahnya ukuran basis data. Bertambahnya kebutuhan untuk menyimpan data tidak terstruktur dan semi terstruktur dalam jumlah besar membuat perusahaan yang dulu menggunakan basis data SQL berpindah ke basis data NoSQL. NoSQL muncul untuk mengatasi keterbatasan sistem relasional yaitu skalabilitas ketersediaan fleksibelitas dan kemampuan untuk mewakili objeks yang kompleks. Semakin banyak aplikasi yang menggunakan NoSQL maka dibutuhkan tenaga kerja yang menguasai NoSQL. Salah satu cara mempercepat tenaga kerja yang menguasi NoSQL adalah dengan membuat sarana belajar NoSQL bagi pihak yang sudah mengetahui SQL sehingga proses belajar dapat lebih mudah dilakukan karena adanya dasar pengetahuan sebelumnya. Oleh karena itu dilakukan penelitian pengembangan prototipe aplikasi berbasis web untuk mempelajari query basis data SQL dan NoSQL. Pengembangan aplikasi didasarkan pada model Waterfall System Development Life Cycle (SDLC). Langkah-langkah SDLC Waterfall meliputi analisis desain implementasi testing deployment dan maintenance. Hasil dari penelitian ini berupa prototipe sistem pembelajaran query SQL dan NoSQL berbasis web. Prototipe ini telah diuji secara black box dengan beberapa skenario yang menunjukkan web berjalan dengan baik dan melalui uji kepraktisan oleh mahasiswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263787

Actions (login required)

View Item View Item