Penerapan metode suttearima pada peramalan Nilai Tukar Petani (NTP) Indonesia / Salbiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode suttearima pada peramalan Nilai Tukar Petani (NTP) Indonesia / Salbiyah

Salbiyah (2022) Penerapan metode suttearima pada peramalan Nilai Tukar Petani (NTP) Indonesia / Salbiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Gambaran Nilai Tukar Petani (NTP) di masa yang akan datang sangat penting untuk diketahui untuk meningkatkan kesejahteraan petani di masa depan. Gambaran NTP di masa depan dapat diketahui dengan menggunakan metode peramalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meramalkan NTP Indonesia periode Januari ndash Mei 2022 dengan menggunakan metode SutteARIMA. Hasil peramalan dengan SutteARIMA dalam penelitian ini diperoleh dengan melakukan pemodelan dan peramalan dengan metode ARIMA dan metode alpha -Sutte Indicator. Kemudian merata-ratakan hasil dari peramalan dengan menggunakan metode ARIMA dan metode alpha -Sutte Indicator. Hasil penelitian ini peramalan Nilai Tukar Petani Indonesia dengan SutteARIMA sangat akurat dikarenakan memiliki nilai MAPE yang kecil yaitu 1.66% terhadap data aktual. Hasil peramalan NTP untuk Januari ndash Mei 2022 dengan SutteARIMA berturut-turut diperoleh 105.15 105.26 105.44 105.69 dan 105.99. Berdasarkan hasil peramalan tersebut NTP Indonesia mengalami peningkatan di setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263772

Actions (login required)

View Item View Item