Syarat derivasi gelanggang prima dengan involusi untuk gelanggang komutatif / Vina Izzatul Maghfirah - Repositori Universitas Negeri Malang

Syarat derivasi gelanggang prima dengan involusi untuk gelanggang komutatif / Vina Izzatul Maghfirah

Maghfirah, Vina Izzatul (2022) Syarat derivasi gelanggang prima dengan involusi untuk gelanggang komutatif / Vina Izzatul Maghfirah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Suatu gelanggang R dikatakan prima jika aRb (0) maka a 0 atau b 0 untuk setiap a b isin R. Pusat (centre) dari suatu gelanggang R dinotasikan oleh Z(R). Gelanggang R disebut gelanggang dengan involusi jika terdapat pemetaan R rarr R sehingga forall p q isin R berlaku 1) p ( ) p 2) (p q) q p dan 3) (pq) q p . Himpunan semua elemen hermitian dan skew-hermitian dari gelanggang R dengan involusi dinotasikan oleh H(R) dan S(R). Suatu gelanggang R merupakan gelanggang dengan involusi jenis kedua jika Z(R) H(R). Pemetaan aditif delta R rarr R dikatakan derivasi dari gelanggang R jika delta (xy) delta (x)y y delta (x) forall x y isin R. Gelanggang prima dengan involusi jenis kedua merupakan gelanggang komutatif jika memenuhi beberapa sifat yang terkait dengan derivasi diantaranya yaitu 1) d([x x ]) 0 atau 2) d(x x ) 0 forall x isin R dengan d merupakan derivasi dari R [x x ] dan (x x ) menyatakan komutator dan anti komutator dari x dan x . Dalam artikel ini dibahas mengenai suatu gelanggang prima R dengan involusi jenis kedua dengan Char(R) ne 2 dan S(R) cap Z(R) ne 0 maka Z(R) cap H(R) ne empty . Selain itu dibahas juga mengenai gelanggang prima R dengan involusi jenis kedua dengan Char(R) ne 2. Jika R memuat suatu derivasi delta tak nol dari R dan S(R) cap Z(R) ne 0 sehingga memenuhi salah satu persamaan berikut 1) delta ([x x ]) isin Z(R) atau 2) delta (x x ) isin Z(R) untuk setiap x isin R maka R adalah gelanggang komutatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Oct 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263763

Actions (login required)

View Item View Item