Solusi numerik sistem persamaan diferensial model lotka-volterra dengan metode heun / Fitrotul Lailiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Solusi numerik sistem persamaan diferensial model lotka-volterra dengan metode heun / Fitrotul Lailiyah

Lailiyah, Fitrotul (2022) Solusi numerik sistem persamaan diferensial model lotka-volterra dengan metode heun / Fitrotul Lailiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sistem persamaan diferensial dalam bidang kajian ilmu matematika merupakan salah satu pembahasan yang dapat diterapkan dalam penyelesaian berbagai permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dalam penyelesaian permasalahan ekologi yaitu interaksi populasi pemangsa-mangsa atau model Lotka-Volterra pada kasus populasi ayam hutan merah (x) dan musang luwak (y). Penyelesaian sistem persamaan diferensial model Lotka-Volterra tersebut dapat menggunakan metode numerik satu langkah yaitu metode Heun. Penelitian ini menggunakan dua kasus variasi nilai parameter pada model Lotka-Volterra yang akan dihitung untuk hari ke tiga ratus enam puluh lima menggunakan metode Heun. Model pertama yaitu ketika tingkat kelahiran mangsa lebih tinggi daripada daripada tingkat kematian pemangsa atau parameter a gt c dan memperoleh hasil x(365) 0.39981 dan y(365) 43.92987. Model kedua yaitu ketika tingkat kelahiran mangsa lebih rendah daripada tingkat kematian pemangsa atau parameter a lt c dan memperoleh hasil x(365) 15.83929 dan y(365) 8.78587. Hasil numerik yang diperoleh dari kedua kasus variasi nilai parameter tersebut merupakan gambaran kondisi yang memungkinkan dari interaksi antara dua spesies.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263755

Actions (login required)

View Item View Item