Algoritma iterated local search with random variable neighborhood descent (ILS-RVND) pada multiple trip vehicle routing problem with time window (MTVRPTW) dan implementasinya / Adelia Okta Oriza - Repositori Universitas Negeri Malang

Algoritma iterated local search with random variable neighborhood descent (ILS-RVND) pada multiple trip vehicle routing problem with time window (MTVRPTW) dan implementasinya / Adelia Okta Oriza

Oriza, Adelia Okta (2022) Algoritma iterated local search with random variable neighborhood descent (ILS-RVND) pada multiple trip vehicle routing problem with time window (MTVRPTW) dan implementasinya / Adelia Okta Oriza. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam matematika kajian terapan graph yang membahas tentang pencarian rute optimal dalam sistem distribusi adalah Vehicle Routing Problem (VRP). Salah satu perluasan dari VRP adalah Multiple Trip Vehicle Routing Problem with Time Window (MTVRPTW). Pada varian MTVRPTW kendaraan dapat melakukan perjalanan lebih dari satu rute dalam batasan time window. Pada artikel ini akan dideskripsikan Algoritma Iterated Local Search with Random Variable Neighborhood Descent (ILS-RVND) pada MTVRPTW dengan Implementasi program Delphi 7. Langkah-langkah Algoritma yaitu pembentukan solusi awal dengan algoritma Sequential Insertion perbaikan solusi dengan algoritma RVND dan prosedur perturbasi. Input program berupa depot customer jarak permintaan service time banyak kendaraan kapasitas kendaraan time window kecepatan kendaraan MaxIter dan MaxIterILS. Output program berupa hasil rute jarak tempuh waktu tempuh banyak kendaraan yang digunakan dan graph hasil. Uji coba program beberapa customer yaitu 8 15 25 50 dan 75 customer. Uji coba dataset terstandar dari Solomon (C103) dengan 100 customer dan dataset dari Gehring dan Homberger (C1_2_4) (R1_2_7) dengan 200 customer. Pada dataset R1_2_7 Algoritma ILS-RVND menghasilkan solusi lebih baik 0 91% dari dataset dan meminimalkan kendaraan yang digunakan dari 18 kendaraan menjadi 9 kendaraan. Berdasarkan hasil uji coba dengan 3 kondisi parameter MaxIter terhadap dataset diperoleh solusi terbaik dengan MaxIter 2n dimana n adalah banyaknya customer.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263751

Actions (login required)

View Item View Item