Penanda budaya visual pada desain kemasan jamu tradisional daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur / Abdul Majid Sutarya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penanda budaya visual pada desain kemasan jamu tradisional daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur / Abdul Majid Sutarya

Sutarya, Abdul Majid (2022) Penanda budaya visual pada desain kemasan jamu tradisional daerah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur / Abdul Majid Sutarya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jamu tradisional merupakan warisan budaya Indonesia diantara keragaman hasil dari budaya yang memiliki keragaman jamu tradisional. Salah satunya daerah Banyuwangi yang merupakan penghasil jamu tradisional yangterdapat di wilayah Jawa Timur.Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan semiotika yang akan menganalisis elemen visual pada desain kemasan jamu Banyuwangi. Hasil dari penelitian ini adalah Konotasi Denotasi dan Mitos dalam visual sangat tampak budaya yang terdapat pada desain kemasan jamu di Banyuwangi sehingga prinsip desain terbentuk seirama dan memiliki kesatuan. Hal ini membuat desain kemasan jamu melekat pada masyarakat Banyuwangi sehingga produsen mempertimbangkan elemen visual untuk memikat masyarakat dalam hal ini sebuah kebutuhan. Segmentasi yang ditujukan oleh produsen jamu dapat memikat dan membuat jamu tradisional Banyuwangi mempunyai jati diri identitas dalam desain Kemasan Jamu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:33
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263693

Actions (login required)

View Item View Item