Perancangan brand identity sebagai upaya rebranding SMK Walisongo 1 Gempol / Mohammad Yusrin Abdullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan brand identity sebagai upaya rebranding SMK Walisongo 1 Gempol / Mohammad Yusrin Abdullah

Abdullah, Mohammad Yusrin (2022) Perancangan brand identity sebagai upaya rebranding SMK Walisongo 1 Gempol / Mohammad Yusrin Abdullah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam membangun citra sekolah di masyarakat adalah dengan merancang brand identity. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan brand identity SMK Walisongo 1 Gempol sebagai rebranding. Tahap perancangan menggunakan pendekatan kualitatif dengan model Double Diamond milik dewan desain yang terdiri dari 4 tahap yaitu 1). Temukan 2). Mendefinisikan 3). Mengembangkan 4). Mengantarkan. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan bahwa SMK Walisongo 1 Gempol memiliki dua logo yang pertama digunakan dari tahun 1985 hingga 2015 dan yang kedua digunakan pada tahun 2015-sekarang. Proses perancangan diawali dengan brainstorming menggunakan metode mind mapping tentang SMK Walisongo 1 Gempol hingga membentuk kata kunci yang mewakili SMK Walisongo 1 Gempol yaitu islami modern profesional kasual playful dan muda. Logogram tersebut berasal dari kajian visual yang berkaitan dengan sejarah Walisongo dan Islam. Kemudian logotype didesain menggunakan font TT Commons yang termasuk dalam tipe Sans Serif. Elemen identitas merek meliputi logo tipografi warna dan elemen grafis pendukung. Berdasarkan unsur-unsur tersebut maka dirancang pula buku panduan berupa Graphic Standard Manual sebagai hasil penerapan brand identity SMK Walisongo 1 Gempol pada media komunikasi visual yang dapat dijadikan acuan untuk membentuk citra SMK Walisongo 1 Gempol secara konsisten.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2022 04:29
Last Modified: 26 Mar 2024 03:29
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263682

Actions (login required)

View Item View Item