Representasi feminisme dalam serial film the queen's gambit (analisis semiotika John Fiske) / Alvian Ramadana - Repositori Universitas Negeri Malang

Representasi feminisme dalam serial film the queen's gambit (analisis semiotika John Fiske) / Alvian Ramadana

Ramadana, Alvian (2022) Representasi feminisme dalam serial film the queen's gambit (analisis semiotika John Fiske) / Alvian Ramadana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketidaksetaraan gender menjadi permasalahan serius dan tak kunjung membaik secara global maupun nasional dalam berbagai aspek kehidupan dan laki-laki dianggap sebagai kontrol dalam bermasyarakat. Feminisme hadir untuk menyadarkan keberadaan opresi dan hak perempuan. Media massa seperti film mampu merepresentasi kehidupan budaya bermasyarakat untuk dijadikan alat penyampaian pesan. The Queen rsquo s Gambit adalah serial film yang memiliki representasi feminisme dalam tokoh utamanya yaitu Beth Harmon. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti ideologi feminisme yang terkonstruksi melalui kode-kode realitas dan representasi dalam tokoh utama serial film The Queen rsquo s Gambit dan unsur-unsur film yang mendukung penandaan feminisme. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan pengumpulan dokumen yang diperoleh peneliti dari screen capture. Data hasil wawancara diperoleh peneliti setelah melaksanakan wawancara dengan narasumber. Kemudian peneliti mengamati secara keseluruhan serial film The Queen rsquo s Gambit untuk mencari teks yang relevan merepresentasikan ciri pemikiran feminisme. Semiotika John Fiske (The Codes of Television) dirasa paling tepat untuk menganalisis sebuah ideologi pada karya audio visual khususnya pada film. Hasil dari penelitian ini adalah representasi feminisme dalam serial film The Queen rsquo s Gambit digambarkan melalui kode realitas kode representasi dan kode ideologi yang dibawa oleh Beth Harmon sebagai tokoh utama. Beth Harmon merepresentasikan strategi feminisme eksistensialis berupa perempuan berintelektual mandiri bekerja dan penolakan keliyanan sebagai upaya perlawanan dalam menghentikan kondisinya sebagai jenis kelamin kedua. Melalui sebuah tayangan serial film sebagai media massa yang harapannya adalah mampu menyadarkan keberadaan dan posisi perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263674

Actions (login required)

View Item View Item