Redesain kemasan produk minuman instan merek "dia" sebagai upaya penguatan brand identity / Mohammad Naufal Azka - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesain kemasan produk minuman instan merek "dia" sebagai upaya penguatan brand identity / Mohammad Naufal Azka

Azka, Mohammad Naufal (2022) Redesain kemasan produk minuman instan merek "dia" sebagai upaya penguatan brand identity / Mohammad Naufal Azka. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak " Dia " adalah brand yang memproduksi minuman kesehatan instan berbahan dasar tanaman obat keluarga atau yang dikenal dengan TOGA. " Dia " mengolah TOGA menjadi minuman hingga makanan sejak tahun 1993. Selama beroperasi distribusi dari brand " Dia " sudah menjangkau toko oleh-oleh kawasan Kota Malang hingga meluas ke Jawa Timur. Namun dalam penerapannya desain kemasan yang digunakan brand " Dia " tidak konsisten. Oleh karena itu diperlukan perancangan kemasan yang dapat memenuhi prinsip desain memberikan visual yang dapat menarik minat target konsumen dan memberikan informasi yang sesuai dari produk minuman instan. Proses perancangan menggunakan model perancangan milik Alina Wheeler yang terdiri dari lima tahap yaitu 1). Conducting Research 2). Clarifying Strategy 3). Designing Identity 4). Creating Touchpoint 5). Managing Asset. Pada pengumpulan data digunakan metode observasi wawancara dan studi dokumen. Data tersebut diolah dengan teknik analisis segmentasi targeting dan positioning (STP) dan strength weakness opportunities dan threat (SWOT). Hasil dari analisis tersebut digunakan sebagai dasar perancangan logo tipografi warna ilustrasi dan kemasan. Kemasan yang dirancang berupa dua ukuran toples dengan 11 desain/varian 1 ukuran pouch kertas ivory dengan 1 desain/varian 1 ukuran pouch plastik dengan 8 desain/varian 1 corrugated box sebagai kemasan sekunder dan 1 counter display. Hasil dari perancangan tersebut disusun dalam Graphic Standard Manual (GSM) sebagai pedoman penggunaan aset yang telah dirancang sekaligus pembagian akses distribusi dari setiap aset rancangan. Hasil perancangan ini diharapkan dapat menjadi identitas dari brand " Dia " yang sesuai dan tepat untuk target konsumen. Kata kunci packaging redesain produk minuman TOGA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2022 04:29
Last Modified: 05 Apr 2023 03:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263671

Actions (login required)

View Item View Item