Analisis Formal pada Visual Cover Novel "The Mark of Athena" Versi Indonesia dan Jerman / Naura Izza Az Zahra El Banna - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis Formal pada Visual Cover Novel "The Mark of Athena" Versi Indonesia dan Jerman / Naura Izza Az Zahra El Banna

Banna, Naura Izza Az Zahra El (2022) Analisis Formal pada Visual Cover Novel "The Mark of Athena" Versi Indonesia dan Jerman / Naura Izza Az Zahra El Banna. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nilai keindahan cover novel merupakan nilai tambah dari novel itu sendiri. Novel terkadang diterbitkan ulang dengan cover yang berbeda. Pertimbangan perubahan tersebut adalah untuk meningkatkan nilai minat baca dengan menarik perhatian calon pembaca menggunakan keindahan visual yang ada pada cover novel. Salah satu novel yang telah melalui proses penerbitan ulang dan berganti covernya di Indonesia adalah karya Rick Riordan berjudul "The Mark of Athena" dari seri novel "the Heroes of Olympus" . Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji nilai estetika dari visual cover novel "The Mark of Athena" versi Indonesia dan Jerman yang sudah terbit di Indonesia. Metodologi penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan model analisis formal milik Edmund Feldman yang terdiri dari tahap deskripsi analisis interpretasi dan evaluasi. Teori estetika yang digunakan sebagai kriteria keindahan ini adalah teori Intensity Complexity dan Unity Monroe Beardsley. Pada tahap evaluasi akan membandingkan nilai keindahan kedua versi cover novel sesuai ketiga kriteria Beardsley. Temuan penelitian menunjukkan cover versi Jerman lebih estetik daripada cover versi Indonesia karena ilustrasi warna layout dan tipografinya didesain lebih complex inetens dan unity. Keindahan yang lebih dimiliki oleh cover Jerman didukung oleh hasil wawancara kepada penerbit pembaca dan ilustrator.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2022 04:29
Last Modified: 06 Apr 2023 06:50
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263653

Actions (login required)

View Item View Item