Makna pragmatis penyampaian humor morbid pada cuitan warganet dalam merespons fenomena sosial / Septia Endriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Makna pragmatis penyampaian humor morbid pada cuitan warganet dalam merespons fenomena sosial / Septia Endriana

Endriana, Septia (2022) Makna pragmatis penyampaian humor morbid pada cuitan warganet dalam merespons fenomena sosial / Septia Endriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan makna pragmatis humor morbid dengan memeriksa bagaimana pengguna bahasa merespons fenomena sosial yang bersifat tragis secara lucu dalam ruang virtual khususnya Twitter. Tulisan ini berfokus pada koridor pragmatik siber dengan teori relevansi sebagai alat analisis data. Metode yang digunakan adalah kualitatif berbasis internet. Sementara itu sumber data berupa korpus tuturan humor morbid yang disampaikan warganet dalam merespons fenomena sosial dalam kurun waktu Desember 2021 ndash Februari 2022. Korpus data dikompilasikan dengan teknik dokumentasi melalui tangkapan layar. Secara umum prosedur pengumpulan data adalah mencari dan mencatat cuitan warganet melakukan tangkapan layar mendeskripsikan konteks mendeskripsikan eksplikatur implikatur menandai kategori respons fenomena sosial serta makna pragmatis cuitan warganet yang mengandung humor morbid. Pada penelitian ini ditemukan sebanyak 100 data cuitan warganet yang mengandung humor morbid dalam merespons 12 kategori fenomena sosial antara lain kriminalitas kematian kepercayaan kesenjangan hukum bencana alam kesehatan disabilitas kenakalan remaja pandemi kemiskinan terorisme dan perang. Respons terhadap beragam fenomena sosial tersebut mengandung makna pragmatis satire parodi sinisme sarkasme ironi dan retoris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263531

Actions (login required)

View Item View Item