Eskapisme tokoh utama dalam novel the architecture of love karya ika natassa / Bunga Esti Melia Indryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Eskapisme tokoh utama dalam novel the architecture of love karya ika natassa / Bunga Esti Melia Indryani

Indryani, Bunga Esti Melia (2022) Eskapisme tokoh utama dalam novel the architecture of love karya ika natassa / Bunga Esti Melia Indryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini didasari oleh peristiwa yang dialami tokoh utama dalam novel The Architecture of Love dengan dipengaruhi faktor kecemasan yang menimbulkan eskapisme. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan faktor kecemasan sebagai penyebab eskapisme jenis-jenis eskapisme dan dampak eskapisme yang dilakukan oleh tokoh utama dalam novel The Architecture of Love. Dengan menggunakan teori psikoanalisis Sigmund Freud dan eskapisme Andrew Evans pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan teknik membaca dan teknik mencatat. Hasil penelitian menunjukkan kecemasan realistik bersumber dari rasa takut saat menghadapi kenyataan dari lingkungan sekitar dan orang terdekat. Kecemasan neurotik dialami oleh tokoh utama saat mengalami ketakutan tentang apa yang mungkin terjadi dan perasaan cemas. Kecemasan moral dialami ketika mengalami perasaan bersalah dan berdosa. Sementara itu jenis eskapisme menghindari berkaitan dengan menjauhi dunia nyata jenis aktif berkaitan dengan kegiataan yang jauh dari kenyataan sebenarnya jenis pasif sebagai kegiatan yang tidak memerlukan banyak usaha dan jenis ekstrim kegiatan yang dianggap buruk oleh masyarakat dan dapat menimbulkan bahaya. Eskapisme yang dilakukan oleh tokoh utama memberikan dampak positif dan negatif seperti mendapatkan ketenangan dan kenyamanan keterbukaan terhadap orang lain membohongi dan merasa bersalah menemukan motivasi dan inspirasi timbulnya penyesalan berhenti menyalahkan diri sendiri dan merasa dicintai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263530

Actions (login required)

View Item View Item