Pertarungan simbolik dalam wacana perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) / Andi Krama Wijaya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pertarungan simbolik dalam wacana perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) / Andi Krama Wijaya

Wijaya, Andi Krama Wijaya (2022) Pertarungan simbolik dalam wacana perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (ppkm) / Andi Krama Wijaya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap hal-hal yang berkaitan dengan pertarungan simbolik mulai dari bentuk-bentuk pertarungan simbolik mekanisme terjadinya pertarungan simbolik serta alasan yang menyebabkan terjadinya pertarungan simbolik. Penelitian tentang pertarungan simbolik ini difokuskan pada wacana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Teori yang digunakan dalam penelitian ini yakni teori analisis wacana kritis Norman Fairclough dan teori pertarungan simbolik Pierre Bordieu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kata klausa kalimat atau narasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah artikel media. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi yaitu tangkapan layar. Pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan artikel media di interney yang dirilis anatara 1 Januari hingga 30 November 2021. Prosedur analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan menyeleksi dan menyajikan data sesuai rumusan masalah. Melalui serangkaian analisisi ditemukan 18 data sesuai dengan rumusan masalah. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) bentuk pertarungan simbolik yang meliputi bentuk pro pemerintah dan kontra terhadap pemerintah (2) mekanisme pertarungan simbolik yang meliputi eufimisasi dan pelogisan dan (3) alasan terjadinya pertarungan simbolik yang dilandasi oleh perbedaan kepentingan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Aug 2022 04:29
Last Modified: 30 Mar 2023 07:31
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263527

Actions (login required)

View Item View Item