Pandangan dunia kaum milenial dalam novel kerumunan terakhir karya Okky Madasari / Adinda Catur Rachmawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pandangan dunia kaum milenial dalam novel kerumunan terakhir karya Okky Madasari / Adinda Catur Rachmawati

Catur, Adinda Rachmawati (2022) Pandangan dunia kaum milenial dalam novel kerumunan terakhir karya Okky Madasari / Adinda Catur Rachmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Generasi milenial yang acap kali dianggap sebagai generasi digital karena mudah menerima perkembangan zaman yaitu perkembangan teknologi yang mempermudah segala aktivitas. namun terdapat dampak yang dipengaruhi dari perkembangan teknologi. Salah satu novel yang mengangkat fenomena tersebut yaitu novel Kerumunan Terakhir karya Okky Madasari. novel Kerumunan Terakhir mengisahkan kegagapan manusia akan perkembangan teknologi. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan perspektif dari berbagai pihak terhadap perkembangan teknologi. Metode yang digunakan adalah deskriptif-kualitatif. Dengan pendekatan penelitian sosiologis dan menggunakan teori strukturalisme genetik L.Goldmann dan pendekatan yang digunakan adalah sosiologis. Teknik pengumpulan data berupa novel kerumunan terakhir dan wawancara pengarang dan kaum milenial. Teknik analisis data berupa triagulasi data. Hasil penelitian ini terdapat tiga temuan pertama struktur teks novel yang membentuk dua relasi yaitu relasi setara antar tokoh dan kuasa tokoh dan objek. kedua pandangan dunia kaum milenial terhadap kemajuan teknologi bahwa menurut mereka kehadiran teknologi akan berdampak dalam kehidupan dan posisi pengarang sebagai mewakili kaum milenial di dalam karyanya ia memberikan saran dalam novelnya. Berdasarkan dari penelitian ini yang menggunakan novel kerumunan terakhir yang membahas tentang kegagapan manusia terhadap perkembangan teknologi. Maka dapat dikatakan dari novel ini adanya kehadiran teknologi mampu mempengaruhi segala aspek kehidupan masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: P Language and Literature > PIN Indonesian Literature
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2022 04:29
Last Modified: 23 Dec 2022 00:56
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263526

Actions (login required)

View Item View Item