Novel redup sebagai ekspresi sastra feminis: proses kreatif penulisan / Sekar Ayu Marvelia Sam Agan - Repositori Universitas Negeri Malang

Novel redup sebagai ekspresi sastra feminis: proses kreatif penulisan / Sekar Ayu Marvelia Sam Agan

Agan, Sekar Ayu Marvelia Sam (2022) Novel redup sebagai ekspresi sastra feminis: proses kreatif penulisan / Sekar Ayu Marvelia Sam Agan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Novel menjadi salah satu wahana menyampaikan gagasan atau pesan penulisnya dan mengangkat kisah nyata meskipun merupakan cerita rekaan. Atas dasar itu diciptakanlah novel Redup dengan mengangkat isu gender pelecehan dan kekerasan seksual yang semakin hangat diperbincangkan oleh berbagai kalangan. Melalui tiga tokoh utama yang menggerakkan jalan cerita penciptaan novel ini diharapkan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya pembaca novel Redup mengenai apa yang sebenarnya terjadi bagaimana perasaan wanita dan tindakan yang dipikirkan para wanita ketika menyiapkan pernikahan dan juga sebagai penyintas pelecehan seksual serta dampaknya di kehidupan. Penciptaannya dilakukan melalui proses kreatif dengan langkah persiapan penulisan naskah dan penyuntingan. Persiapan berupa eksplorasi fenomena pelecehan dan kekerasan seksual yang terjadi di sekeliling penulis lalu dilanjutkan dengan penulisan gagasan cerita yang telah dikembangkan sesuai alur dan unsur intrinsik lain dan terakhir berupa penyuntingan isi cerita maupun tata bahasa pada proses pascamenulis. Karya sastra novel yang telah ditulis dapat disebarluaskan melalui proses cetak dan penerbitan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263522

Actions (login required)

View Item View Item