Register lesbian, gay, biseksual dan transgender di media sosial / Annisa Aulia Rakhma - Repositori Universitas Negeri Malang

Register lesbian, gay, biseksual dan transgender di media sosial / Annisa Aulia Rakhma

Rakhma, Annisa Aulia (2022) Register lesbian, gay, biseksual dan transgender di media sosial / Annisa Aulia Rakhma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

LGBT merupakan salah satu kelompok minoritas yang ada di Indonesia. Ditemukan LGBT memiliki istilah tersendiri yang hanya bisa dipahami oleh sesama anggotanya. Hal ini sangat unik dan menarik untuk diteliti. Penelitian ini bertujuan untuk menggali mendeskripsikan dan memaknai register LGBT dengan menggunakan teori sosiolinguistik utamanya register dan semantik. Register merupakan variasi bahasa yang digunakan oleh suatu kelompok tertentu yang digunakan untuk mengekspresikan sesuatu. Sumber data dari penelitian ini adalah postingan di media sosial Facebook dan Twitter. Data penelitian ini meliputi kata frasa dan kalimat yang tergolong register. Dianalisis menggunakan metode padan ekstralingual dengan teknik hubung banding. Berdasarkan hasil analisis data ditemukan 79 register LGBT yang dapat diklasifikasikan menjadi penggunaan bahasa asing slang perluasan makna kata akronim dan plesetan. Fungsi dari register LGBT adalah (1) untuk menghaluskan sesuatu yang vulgar/tabu (2) untuk merahasiakan informasi tertentu dan (3) untuk menciptakan humor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263519

Actions (login required)

View Item View Item