Gagasan feminisme dalam novel partikel karya dewi lestari / Queena Teena Johana H A - Repositori Universitas Negeri Malang

Gagasan feminisme dalam novel partikel karya dewi lestari / Queena Teena Johana H A

A, Queena Teena Johana H A (2022) Gagasan feminisme dalam novel partikel karya dewi lestari / Queena Teena Johana H A. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Penelitian ini dilatarbelakangi oleh makin banyaknya paham feminisme yang beredar di masyarakat Indonesia melalui karya sastra salah satunya novel. Di dalam novel Partikel karya Dewi Lestari ini juga terdapat gagasan feminisme yang terlihat pada tokoh utama novel ini. Penelitian ini bertujuan untuk membuka mata masyarakat awam tentang sisi positif feminisme yang ditampilkan dari gagasan di dalam novel Partikel karya Dewi Lestari ini. Berdasarkan konteks tersebut penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gagasan feminisme yaitu 1) kebebasan perempuan untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya sendiri dan 2) kesetaraan gender. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang di desain deskriptif. Data penelitian ini diperoleh dari novel Partikel karya Dewi Lestari itu sendiri. Hasil penelitian ini adalah tentang kebebasan perempuan untuk memilih dan menentukan jalan hidupnya sendiri terdiri dari 1) kebebasan menentukan masa depan sendiri 2) kebebasan menentukan pekerjaan/profesi 3) kebebasan menentukan pendidikan 4) kebebasan menentukan keputusan yang dia ambil sendiri 5) kebebasan menentukan apa yang ia percayai. Dan tentang kesetaraan gender terdiri dari 1) kesetaraan gender dalam kehidupan sosial 2) kesetaraan gender dalam pekerjaan 3) kesetaraan gender dalam hal ekonomi 4) kesetaraan gender dalam hal pendidikan 5) kesetaraan gender dalam hak yang mereka dapatkan 6) mengakui kehebatan tokoh perempuan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Nov 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263516

Actions (login required)

View Item View Item