Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMK Negeri 2 Malang / Bambang Suprapto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMK Negeri 2 Malang / Bambang Suprapto

Suprapto, Bambang (2020) Pengembangan panduan biblioedukasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMK Negeri 2 Malang / Bambang Suprapto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasil buku biblioedukasi untuk meningkatkan kontrol diri siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan Borg and Gall (1983) yang telah dimodifikasi tahapannya adalah (1) perencanaan identifikasi kebutuhan (2) pengembangan produk awal (3) uji coba produk (4) revisi produk (5) produk akhir penelitian. Produk ini diuji berdasarkan aspek keberterimaan produk yang dikembangkan menjadi instrumen penelitian yang berupa angket. Subyek uji coba produk adalah ahli materi bimbingan dan konseling ahli media dan calon pengguna produk yaitu konselor sekolah. Data yang dihasilkan dari penilaian produk oleh subyek uji coba berupa data kuantitatif berupa skor dan data kualitatif berupa masukan dan saran. data kuantitatif dianalisis menggunakan perhitungan rerata/mean sedangkan data kualitatif dianalisis secara deskriptif. Berdasarkan hasil uji ahli materi Bimbingan dan Konseling diperoleh skor total 107 dengan rata-rata 3 55 dan ahli media diperoleh skor 100 dengan rata-rata 4 00. Hal ini menunjukkan bahwa buku panduan bimbingan kelompok yang dikembangkan memenuhi kriteria sangat tepat sangat mudah sangat berguna dan sangat menarik sehingga bermakna sangat layak digunakan. Sedangkan data deskriptif pada lembar komentar digunakan sebagai pertimbangan dalam revisi produk. Kesimpulan yang didapat bahwa panduan biblioedukasi untuk meningkatkan kontrol diri ini berterima secara teoritis dan praktis. Untuk mengetahui keefektifan panduan bimbingan ini disarankan bagi peneliti lain untuk dapat melakukan penelitian guna menguji keefektifan produk tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263509

Actions (login required)

View Item View Item