Pengembangan panduan konseling cognitive behavior therapy teknik instruksi diri untuk meningkatkan konsep diri siswa SMK / Wulan Rizki Fauziah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling cognitive behavior therapy teknik instruksi diri untuk meningkatkan konsep diri siswa SMK / Wulan Rizki Fauziah

Fauziah, Wulan Rizki (2022) Pengembangan panduan konseling cognitive behavior therapy teknik instruksi diri untuk meningkatkan konsep diri siswa SMK / Wulan Rizki Fauziah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Konsep diri merupakan pandangan diri seseorang terkait dengan sikap kepercayaan diri kelemahan kelebihan karakteristik diri yang berada dalam diri sendiri untuk membantu individu mencapai keberhasilan perkembangan secara optimal dan menentukan pola interaksi individu dengan lingkungan sekitarnya. Konsep diri negatif dapat menyebabkan perkembangan diri pada aspek psikologis fisiologis dan sosiologis terhambat. Salah satu akibat konsep diri negatif adalah merasa gagal tidak percaya diri putus asa dan merasa tidak disukai siapapun. Hal ini dibuktikan dengan hasil need assessment yang dilakukan di SMK Jayanegara Lawang menunjukkan bahwa 46 43% atau 26 siswa memiliki konsep diri negatif. Sementara itu berdasarkan wawancara dengan konselor sekolah SMK Jayanegara Lawang menyatakan bahwa di sekolah belum memiliki panduan konseling untuk meningkatkan konsep diri siswa. Pada konteks ini diperlukan upaya peningkatan konsep diri agar siswa mampu berkembang secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling Cognitive Behavior Therapy teknik instruksi diri untuk meningkatkan konsep diri siswa yang memenuhi aspek keberterimaan panduan dari segi kegunaan ketepatan kemudahan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan desain Research amp Development yang dikembangkan oleh Borg and Gall dengan mengadopsi 3 langkah penelitian yaitu (1) Studi Pendahuluan (2) Pengembangan Panduan dan (3) Uji Panduan. Subjek penelitian adalah 2 ahli Bimbingan Konseling 2 ahli media 2 calon pengguna dan 56 siswa SMK Jayanegara Lawang kelas XI. Pengumpulan data menggunakan instrumen penilaian uji ahli materi intrumen penilaian uji ahli media instrument penilaian uji calon pengguna dan inventori konsep diri. Analisis inventori konsep diri menggunakan SPSS 26.0 for windows analisis data numerik menggunakan teknik analisis inter-rater agreement model dari Gregory (2011) analisis data verbal didapatkan dari kritik saran serta masukan yang diberikan ahli materi ahli media dan calon pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan buku panduan memiliki indeks validitas sebesar 1 00 yang dapat diartikan sangat layak. Hasil penelitian buku panduan konseling Cognitive Behavior Therapy teknik instruksi diri untuk meningkatkan konsep diri siswa SMK memenuhi keberterimaan aspek kegunaan ketepatan kemudahan dan kemenarikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa panduan ini memiliki kriteria kegunaan ketepatan kemudahan dan kemenarikan sehingga sangat layak digunakan. Adapun saran pemanfaatan peneliti selanjutnya dapat melaksanakan penelitian eksperimen agar mengetahui keefektifan panduan konseling Cognitive Behavior Therapy teknik instruksi diri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263507

Actions (login required)

View Item View Item