Pengembangan panduan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-esteem siswa SMA / Impia Rizki Nurma Sinta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-esteem siswa SMA / Impia Rizki Nurma Sinta

Sinta, Impia Rizki Nurma (2022) Pengembangan panduan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-esteem siswa SMA / Impia Rizki Nurma Sinta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masalah besar pada masa remaja muncul dengan pertanyaan tentang identitas seperti siapa saya siapa saya seharusnya dan banyak pertanyaan serupa lainnya yang berfokus pada refleksi identitas remaja. Pertumbuhan dan perkembangan remaja yang berusaha mengidentifikasi diri menimbulkan masalah yang bersumber dari harga diri. Salah satu pendekatan konseling yang dapat digunakan untuk membantu konselor menghadapi masalah. Harga diri adalah terapi perilaku kognitif. Tujuan peneliti melakukan pengembangan ini adalah untuk meningkatkan harga diri siswa SMA menggunakan pendekatan terapi kognitif-perilaku menggunakan pedoman konseling hal ini dirasa perlu peneliti kembangkan karena pada sekolah tempat peneliti melakukan need assesmen dan observasi terdapat beberapa permasalahan internal yang dialami siswa terkait rendahnya tingkat self-esteem atau kepercayaan diri dari masing-masing individu hal tersebut berimbas pada setiap hal yang ingin dilakukan serta kegiatan juga prestasi siswa di sekolah. Maka dari itu peneliti ingin membantu konselor sekolah yang telah berupaya membantu siswa terkait peningkatan self-esteem dengan mengembangkan sebuah buku panduan konseling kelompok CBT yang dimana dapat mempermudah konselor dalam membantu meningkatkan harga diri siswa khususnya siswa SMA. Desain penelitian ini menggunakan Desain penelitian dan pengembangan (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall terdiri dari 5 tahap yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) evaluasi produk (5) produk revisi dan menjadi prototipe. Subjek penelitian ini dilakukan oleh konselor di Sekolah Menengah Atas (SMA). Alat penilaian panduan ini menggunakan alat kuesioner skala besar dengan serangkaian pertanyaan yang digunakan untuk meminta masukan dari ahli materi dan calon pengguna produk yang dikembangkan. di analisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa panduan konseling kelompok cognitive behavior therapy untuk meningkatkan self-esteem siswa SMA ini memenuhi syarat keberterimaan produk yang mencakup empat aspek yaitu ketepatan kegunaaan kemudahan dan kemenarikan. Hasil uji materi uji media dan uji calon penggunan masing-masing hasil penilaian masuk kategori kesepakatan rater sangat tinggi. Berdasarkan penilaian ahli dan calon pengguna dapat disimpulkan bahwa panduan konseling kelompok CBT untuk meningkatkan self-esteem siswa telah memenuhi kriteria keberterimaan dan bermakna sehingga layak untuk digunakan oleh konselor sebagai media dalam memberikan layanan konseling CBT.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263503

Actions (login required)

View Item View Item