Hubungan prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto / Wildan Hafizh Ahmadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto / Wildan Hafizh Ahmadi

Ahmadi, Wildan Hafizh (2022) Hubungan prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto / Wildan Hafizh Ahmadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Adaptabilitas karir merupakan lanjutan dari teori kematangan karir yang dicetuskan oleh Super pada tahun 1979 yang memiliki definisi kesiapan untuk menghadapi perubahan situasi dan kerja. Seiring berjalannya waktu teori kematangan karir tidak cukup untuk menjelaskan perkembangan karir pada tahap dewasa atau anak-anak. Lalu Savickas mencetuskan teori adaptabilitas karir untuk menggantikan teori sebelumnya (kematangan karir) sebagai konstruk utama dalam perkembangan karir dari anak-anak hingga dewasa. Adaptabilitas karir merupakan kemampuan individu untuk mengatasi serta mempersiapkan berbagai perubahan situasi tidak terduga yang muncul dalam karirnya dan menyesuaikan diri dalam hal-hal yang tidak terduga terkait kondisi dilingkungan pekerjaan maupun pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prestasi akademik siswa SMK PGRI Kota Mojokerto serta mendeskripsikan tentang tingkat social support dari lingkungan sekitar siswa baik itu di lingkungan sekolah atau di rumah. Selanjutnya mendeskripsikan tingkat adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto. Selain itu adalah melihat pengaruh atau hubungan dari variabel yang ada pengaruh prestasi akademik terhadap adaptabilitas karir pengaruh social support terhadap adaptabilitas karir siswa serta pengaruh prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deksriptif korelasional. Rancangan ini digunakan untuk menggambarkan korelasi antara prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir siswa SMK PGRI Kota Mojokerto. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dan XII SMK PGRI Kota Mojokerto dengan jumlah 202 siswa yang berasal dari jurusan teknik permesinan teknik kendaraan ringan dan teknik sepeda motor. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan pengambilan sampel yang diambil hanya siswa kelas X dan XII. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner serta dokumentasi data sekunder. Instrumen yang digunakan adalah adaptasi instrumen Career Adapt Abilities Scale (CAAS) yang sudah diterjemahkan dan instrumen social support yang diadaptasi dan disesuaikan untuk penelitian ini. Skala likert digunakan untuk skoring pada instrumen dengan ubahan skor 1 hingga 4. Selain itu data raport siswa juga digunakan sebagai data sekunder untuk melihat prestasi akademik siwa SMK PGRI Kota Mojokerto. Berdasaran hasil uji T yang bertujuan untuk megetahui apakah variabel bebas (X) secara parsial (sendiri-sendiri) berpengaruh terhadap variabel terikat (Y). Dasar pengambilan keputusan adalah dengan cara melihat nilai signifinkansi (Sig) jika nilai Signifikansi (Sig). lt probablitas 0.05 maka ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotesis diterima. Sebaliknya jika nilai Signifikansi (Sig). lt probablitas 0.05 maka tidak ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y) atau hipotes ditolak. Dengan dasar keputusan nilai Sig lt 0.05 maka hubungan X1 terhadap Y adalah sebesar 0.103 gt 0.05 dan nilai t hitung -1.639 lt t tabel 1.971 sehingga dapat disimpulkan bahwa H1 ditolak yang berarti tidak terdapat hubungan antara prestasi akademik (X1) dan adaptabilitas karir (Y). Sedangkan hubungan X2 terhadap Y berdasarkan nilai Sig. adalah sebesar 0.000 lt 0.05 dan nilai t hitung 9.003 gt t tabel 1.971 sehingga dapat disimpulkan bahwa H2 diterima yang berarti terdapa hubungan antara social support (X2) dan adaptabilitas karir (Y). Selain itu berdasarkan hasil uji F menunjukkan tabel R Square atau koefisien determinasi menunjukkan angka 0.300 atau dapat ditarik kesimpulan bahwa presentase korelasi variabel prestasi akademik (X1) dan social support (X2) terhadap variabel adaptabilitas karir (Y) adalah sebesar 30%. Hasil penelitian tentang prestasi akademik dan social support terhadap adaptabilitas karir peneliti memiliki berbagai saran diantaranya (1) Bagi konselor sudah menjadi tugas konselor untuk memfasilitasi perkembangan para siswa dengan mengembangkan berbagai program seperti bimbingan karir yang mendukung tugas perkembangan siswa agar menjadi individu yang yang mencapai kemandirian agar siswa mampu merencanakan karir hingga mengambil keputusan dalam karirnya. Untuk meningkatkan adaptabilitas karir siswa atau kesiapan siswa terjun ke dunia kerja konselor diharapkan memberikan pelayanan bimbingan dan konseling secara optimal baik dalam bidang belajar pribadi-sosial dan karir. Hal ini dapat dilakukan agar siswa mampu meningkatkan prestasi akademik serta mendapatkan social support dan memiliki kemampuan adaptabilitas karir. (2) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan mampu mendalami atau menulusuri terkait dengan variabel selain prestasi akademik dan social support untuk mengetahui hubungan antara prestasi akademik social support dan adaptabilitas karir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 00:47
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263499

Actions (login required)

View Item View Item