Pengembangan panduan konseling kelompok berbasis strategi self-management untuk mengurangi perilaku datang terlambat ke Sekolah siswa SMKI 2 Wlingi / Elkasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling kelompok berbasis strategi self-management untuk mengurangi perilaku datang terlambat ke Sekolah siswa SMKI 2 Wlingi / Elkasari

Elkasari (2022) Pengembangan panduan konseling kelompok berbasis strategi self-management untuk mengurangi perilaku datang terlambat ke Sekolah siswa SMKI 2 Wlingi / Elkasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pelanggaran terhadap peraturan sering terjadi di sekolah dan sebagian besar dilakukan oleh siswa seperti halnya siswa di SMKI 2 Wlingi sebagian besar siswa melanggar tata tertib dengan terlambat datang ke sekolah. Siswa tersebut hanya diberi sanksi dengan membuang sampah dari semua kelas melakukan push up untuk laki-laki dan apabila terlambat sudah lebih dari empat kali dalam seminggu mendapat surat panggilan orangtua namun cara itu tidak lantas membuat mereka mengubah perilakunya menjadi lebih baik bahkan masih tetap datang terlambat keesokan harinya. Keterlambatan siswa datang ke sekolah jika tidak cepat ditanggulangi dapat berdampak buruk terhadap kemajuan dan hasil belajar siswa. Perilaku terlambat datang ke sekolah dapat diatasi salah satunya dengan pemberian konseling kelompok menggunakan strategi self-management. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan produk berupa panduan untuk konselor. Buku panduan yang dihasilkan berisi tentang prosedur pelaksanaan konseling kelompok berbasis strategi self-management untuk mengurangi perilaku datang terlambat ke sekolah pada siswa SMK. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan Borg dan Gall (1983) disesuaikan dengan kebutuhan penelitian diselesaikan hanya sampai lima langkah yaitu sampai pada revisi hasil uji coba. Uji coba dilakukan kepada satu ahli ahli BK satu ahli media pembelajaran dan konselor sekolah sebagai calon pengguna Penelitian ini menggunakan tiga instrumen penilaian yaitu instrumen penilaian uji ahli BK uji ahli media dan uji calon pengguna (konselor sekolah). Analisis temuan data pada penelitian ini dilakukan dalam bentuk analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penilaian kelayakan produk pada penelitian ini menunjukkan total rata-rata persentase uji ahli materi sebesar 84% pada uji ahli media mendapatkan total rata-rata persentase sebesar 85% sedangkan total rata-rata uji calon pengguna sebesar 89%. Sehingga menunjukkan bahwa buku panduan yang dikembangkan sangat berguna sangat tepat sangat mudah dan sangat layak untuk digunakan konselor. Berdasarkan uji coba yang dilakukan oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna (konselor) produk yang dikembangkan memenuhi aspek keberterimaan yaitu kegunaan ketepatan kemudahan dan kelayakan. Berikut beberapa saran dari hasil penelitian ini (1) konselor disarankan untuk memahami langkah-langkah pelaksanaan konseling kelompok menggunakan strategi self-management dan memahami RPLBK (2) Peneliti selanjutnya diharapkan dapat menindaklanjuti dengan melakukan uji keefektifan produk secara langsung terhadap siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263490

Actions (login required)

View Item View Item