Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif students teams achievement division (STAD) dipadu dengan cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang / Lukmanul Hakim - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif students teams achievement division (STAD) dipadu dengan cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang / Lukmanul Hakim

Hakim, Lukmanul (2011) Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif students teams achievement division (STAD) dipadu dengan cooperative script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII SMPN 2 Singosari Malang / Lukmanul Hakim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif. Menurut hasil observasi diketahui bahwa siswa di SMPN 2 Singosari pada pembelajaran biologi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa masih tergolong rendah. Temuan tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan harian siswa. Oleh karena itu guru biologi di SMPN 2 Singosari hanya memberikan soal tes dengan tingkatan kognitif C3. Sehingga guru belum pernah menggembangkan soal tes dengan tingkat kognitif C4 sampai dengan C6. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat kognitif siswa masih tergolong rendah pada jenjang pendidikan SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Strategi Pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa Kelas VIII SMPN 2 Singosari. Jenis penelitian yaitu Penelitian quasi eksperimen atau eksperimen semu. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran yang terdiri atas dua macam yaitu Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script dan Multi Strategi. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah a) kemampuan berpikir kritis b) hasil belajar kognitif. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data melalui hasil pre tes yang dilakukan sebelum penerapan strategi pembelajaran dan pos tes yang dilakukan setelah penerapan strategi pembelajaran yang diukur dengan menggunakan rubrik untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif menggunakan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sebesar 434 75% lebih tinggi dari multi strategi. Strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa sebesar 183 22% lebih tinggi dari multi strategi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan hasil belajar kognitif siswa pada matapelajaran Biologi. Untuk itu disarankan kepada guru Biologi agar menerapkan strategi pembelajaran kooperatif STAD dipadu dengan Cooperative Script karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir siswa dan hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Mar 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/26349

Actions (login required)

View Item View Item