Hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Desy Agustin Miyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Desy Agustin Miyana

Miyana, Desy Agustin (2022) Hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa di SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang / Desy Agustin Miyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Motivasi berprestasi merupakan dorongan yang ada pada individu untuk mampu meraih prestasi mampu menghadapi rintangan yang sulit dan dapat bersaing untuk menunjukkan keunggulan demi kesuksesan. Salah satu keberhasilan yang dapat dicapai oleh siswa dalam pendidikan adalah prestasi akademiknya. Namun pada kenyataannya tuntutan prestasi akademik pada siswa meningkat namun daya untuk motivasinya dalam meraih prestasi masih kurang. Untuk menumbuhkan motivasi berpretasi dibutuhkan interaksi antar siswa. Dalam berinteraksi sosial diperlukan adanya suatu dorongan dalam berkomunikasi yaitu percaya diri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan design deskriptif korelasional. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 135 dengan teknik random sampling. Milai validitas dalam penelitian ini sebesar 0 388. Skala interaksi sosial memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 795. Skala kepercayaan diri memiliki nilai reliabilitas sebesar 0 891 dan skala motivasi berprestasi memiliki nilai reliablitas sebesar 0 877. Uji korelasi berganda digunakan untuk mengetahui hubungan interaksi sosial dengan motivasi berprestasi hubungan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi dan hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi. Hasil analisis hubungan interaksi sosial dengan motivasi berprestasi diperoleh nilai r 0 582 dengan sig. 0 000 lt 0 05 artinya terdapat hubungan antara interaksi sosial dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil analisis hubungan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi diperoleh nilai r 0 683 dengan sig. 0 000 lt 0 05 artinya terdapat hubungan antara kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Hasil analisis hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi diperoleh nilai r 0 696 dengan sig. 0 000 lt 0 05 artinya terdapat hubungan antara interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara interaksi sosial kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Berdasakan hasil penelitian ini terdapat kesimpulan dan saran. Kesimpulan nya terdapat hubungan interaksi sosial dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang terdapat hubungan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang dan terdapat hubungan interaksi sosial dan kepercayaan diri dengan motivasi berprestasi siswa SMP Laboratorium Universitas Negeri Malang. Kemudian saran yang pertama bagi konselor hasil dalam penelitian ini bisa dijadikan sebagai sumber informasi dalam meningkatkan interaksi sosial kepercayaan diri serta motivasi berprestasi mengingat tingkat kepercayaan diri dan motivasi berprestasi berada pada kategori sedang. Konselor dapat memberikan layanan pada bidang pribadi sosial dan dapar dilakukan dengan menggunakan bimbingan klasikal maupun bimbingan kelompok. Konselor juga dapat bekerjasama dengan orang tua dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Yang kedua bagi guru mata pelajaran dalam penelitian ini diharapkan bisa menjadikan informasi bagi guru mata pelajaran untuk bisa berkolaborasi dengan konselor dalam meningkatkan kepercayaan diri dan motivasi berprestasi siswa di dalam kelas. Dari penelitian yang sudah dilakukan masih terdapat kekurangan di dalamnya bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melengkapi kekurangan tersebut dengan melakukan penelitian lanjutan secara luas dan menyeluruh. Peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian di SMP seluruh Kota Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263487

Actions (login required)

View Item View Item