Motivasi belajar mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Kanjuruhan Malang dalam mengikuti pembelajaran daring / Krisna Agatama - Repositori Universitas Negeri Malang

Motivasi belajar mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Kanjuruhan Malang dalam mengikuti pembelajaran daring / Krisna Agatama

Agatama, Krisna (2022) Motivasi belajar mahasiswa jurusan bimbingan dan konseling Universitas Kanjuruhan Malang dalam mengikuti pembelajaran daring / Krisna Agatama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pentingnya motivasi belajar dalam diri sebagai pendorong timbulnya gairah semangat mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan secara daring. Analisis hasil penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi belajar yang terdapat pada Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling Universitas Kanjuruhan Malang pada proses kuliah daring.Populasi terdiri 222 responden dari dengan pengambilan sebanyak 25% sampel berjumlah terdiri dari 97 mahasiswa. Metode penelitian menggunakan survey dengan pendekatan deskripti pemilihan sampel digunakan dengan cara random sampling. Alat ukur yang digunakan adala angket motivasi belajar.Hasil penelitian menunjukan 53% mahasiswa BK Universitas Kanjuruhan Malang memiliki tingkat motivasi belajar pada pembelajaran daring cukup baik dan 47% mahasiswa memiliki tingkat motivasi belajar pada pembelajaran daring sangat baik. Tingkat presentase dari masing-masing indikator adalah 1) aspek ketekunan belajar mahasiswa bimbingan dan konseling pada pembelajaran daring berada pada kategori sangat baik dengan presentase sebanyak 67% kategori baik dengan presentase 28% dan kategori cukup baik dengan presentasi sebesar 3%. 2) aspek keuletan belajar mahasiswa bimbingan dan konseling pada pembelajaran daring menunjukan presentase kategori tidak baik sebesar 0%. Kategori kurang baik sebesar 5% kategori cukup baik sebesar 59% dan pada kategori sangat baik diperoleh frekuensi sebanyak 36%. 3) aspek belajar mandiri mahasiswa bimbingan dan konseling pada pembelajaran daring dapat diketahui bahwa frekuensi pada kategor tidak baik sebesar 0% kategori kurang baik sebesar 38% cukup baik sebesar 44% dan pada kategori sangat baik diperoleh frekuensi sebanyak 18%.Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai informasi tambahan dalam proses pembelajaran yang dilakukan kepada mahasiswa berkaitan dengan tingkat motivasi sekaligus bagi peneliti selanjutnya untuk mengkaji lebih mendalam mengenai motivasi belajar mahasiswa melalui deskriptif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263485

Actions (login required)

View Item View Item