Pengembangan modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar siswa SMA / Ika Nazila Wulansuci - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar siswa SMA / Ika Nazila Wulansuci

Wulansuci, Ika Nazila (2021) Pengembangan modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar siswa SMA / Ika Nazila Wulansuci. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wulansuci Ika Nazila. 2020. Pengembangan Modul Pelatihan Swa Pengaturan untuk Meningkatkan Belajar Siswa SMA. Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Elia Flurentin M.Pd. (II) Dra. Hj. Ella Faridati Zen M.Pd. Kata Kunci swa pengaturan belajar siswa SMA. Setiap siswa memiliki kemampuan dan karakteristik yang berbeda dalam hal belajar. Tidak sedikit siswa yang mengalami permasalahan atau hambatan dalam kegiatan belajarnya. Permasalahan-permasalahan yang bisa timbul dalam kegiatan belajar antaralain tidak ada motivasi belajar tidak mampu berkonsentrasi dalam belajar nilai hasil belajar siswa rendah tidak bisa mengatur waktu belajar dan sebagainya. Sehubungan dengan permasalahan atau kesulitan belajar pada siswa maka sekolah memiliki tanggung jawab untuk membantu siswa dalam menghadapi permasalahan yang dihadapi. Salah satu usaha sekolah dalam mengatasi permasalahan belajar siswa adalah melalui layanan bimbingan belajar yang diberikan oleh guru pembimbing. Swa pengaturan adalah satu upaya untuk mengendalikan pikiran perasaan dan perilaku dalam rangka mencapai suatu tujuan (the offorful control of thoughts emotions and behavior in the service of goal) Hofman dkk (dalam Rahman 2017). Tujuan dari pengembangan ini adalah menghasilkan modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar siswa SMA yang berisi serangkaian kegiatan dan materi pelatihan yang disusun secara sistematis untuk konselor dan siswa yang teruji secara teoritis maupun praktik yaitu memenuhi kriteria akseptabilitas ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan. Penelitian pengembangan ini mengadaptasi langkah Borg amp Gall (1983). Prosedur yang dilaksanakan adalah (1) penelitian dan pengumpulan informasi (2) perencanaan (3) pengembangan produk awal (4) uji coba produk awal dan (5) melakukan revisi dan penyajian modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar siswa SMA aspek keberterimaan yang dikembangkan menjadi instrumen skala penilaian oleh peneliti. Subjek uji coba dibagi menjadi dua yaitu uji coba produk awal dan uji lapangan terbatas. Uji coba produk awal telah dilakukan oleh ahli materi dan ahli media sedangkan uji lapangan terbatas dilakukan oleh calon pengguna yaitu konselor dan siswa. Berdasarkan uji ahli materi oleh Dosen Jurusan Bimbingan dan Konseling ahli media oleh Dosen Jurusan Teknologi Pendidikan calon pengguna produk oleh konselor dan calon pengguna oleh siswa bahwa modul pelatihan swa pengaturan sangat berterima secara praktis dan teoritis. Dengan adanya modul pelatihan swa pengaturan untuk meningkatkan belajar ini diharapkan konselor sebagai pengguna produk benar-benar memahami dan mempelajari modul pelatihan swa pengaturan sebelum mengaplikasikan kegiatan pelatihan kepada siswa sehingga siswa dapat memahami dan mengembangkan kemampuan swa penagturan dengan benar dan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jul 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263484

Actions (login required)

View Item View Item