Pengembangan panduan manajemen stres untuk mencegah academic burnout pada siswa SMK / Gihza Hasnutya Tahta - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan manajemen stres untuk mencegah academic burnout pada siswa SMK / Gihza Hasnutya Tahta

Tahta, Gihza Hasnutya (2022) Pengembangan panduan manajemen stres untuk mencegah academic burnout pada siswa SMK / Gihza Hasnutya Tahta. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan panduan manajemen stress untuk mencegah academic burnout pada siswa SMK. Buku panduan ini dapat digunakan oleh konselor sebagai acuan dalam memberikan layanan bimbingan kepada siswa SMK yang memiliki permasalahan terkait academic burnout. Academic burnout merupakan kondisi siswa yang penting untuk diperhatikan karena dapat menurunkan prestasi belajar. Buku panduan ini dilengkapi dengan skala academic burnout untuk mengukur tingkat academic burnout siswa. Model pengembangan yang digunakan mengadaptasi desain penelitian pengembangan Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian pengembangan diawali dengan lima langkah yaitu pra survey desain produk validasi desain uji coba produk dan penyusunan produk akhir. Instrumen penilaian ini adalah instrumen penilaian ahli materi instrumen penilaian ahli media dan instrumen penilaian calon pengguna produk. Teknik analisis yang digunakan berupa deskriptif persentase dan inter-rater agreement. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa panduan manajemen stress mendapat nilai dari ahli materi BK 90 38% aspek ketepatan 100% aspek kegunaan dan kemudahan dengan klasifikasi sangat layak ahli media memberi nilai 92 85% aspek ketepatan 100% aspek kegunaan dan kemudahan dengan klasifikasi sangat layak calon pengguna 1 dan 2 menunjukkan indeks 1 00 dengan kriteria sangat tinggi sehingga panduan yang dikembangkan memenuhi kriteria akseptabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263478

Actions (login required)

View Item View Item