Instagram sebagai ruang cyberbullying untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hedonis siswa SMA Negeri 6 Malang / Elcindi Lazuardin Zamzamima - Repositori Universitas Negeri Malang

Instagram sebagai ruang cyberbullying untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hedonis siswa SMA Negeri 6 Malang / Elcindi Lazuardin Zamzamima

Zamzamima, Elcindi Lazuardin (2022) Instagram sebagai ruang cyberbullying untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hedonis siswa SMA Negeri 6 Malang / Elcindi Lazuardin Zamzamima. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Riset ini memiliki tujuan mengetahui tingkat perilaku cyberbullying yang terjadi di SMA Negeri 6 Malang dan tingkat gaya hidup hedonis siswa. Hal tersebut juga didukung dengan kemajuan teknologi dan kebiasaan siswa menghadapi pembelajaran daring yang menimbulkan intensitas penggunaan smartphone khususnya instagram sebagai media sosial yang paling digemari. Penggunaan metode dalam riset ini yaitu kualitatif fenomenologi transformatif. Penggunaan studi fenomenologi yaitu meneliti fenomena tindakan cyberbullying untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hedonis siswa SMA Negeri 6 Malang. Responden dalam riset ini ialah dua orang siswa yang melakukan tindakan cyberbullying untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup hedonisnya metode pengumpulan data menggunakan observasi terus terang wawancara tak berstruktur serta dokumentasi. Kemudian analisis Data Reduksi Data Display Data Verifikasi Data Pengecekan Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik Triangulasi Sumber. Hasil riset menunjukkan bahwa siswa yang cenderung melakukan tindakan cyberbullying yaitu siswa yang memiliki gaya hidup hedonis. Hasil riset menunjukkan mereka melakukan tindakan cyberbullying untuk mendapatkan pengakuan oleh lingkungan sekitar agar mereka merasakan perasaan yang puas. Hasil atas riset mampu dijadikan bahan untuk konselor dengan maksud mengetahui apa saja yang dilakukan siswa diluar sekolah dapat dijadikan pertimbangan konselor dalam pelaksanaan layanan bimbingan klasikal guna untuk memerangi terjadinya fenomena cyberbullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2022 04:29
Last Modified: 20 Dec 2022 08:46
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263477

Actions (login required)

View Item View Item