Pengembangan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Prista Azizah Rahmi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Prista Azizah Rahmi

Rahmi, Prista Azizah (2022) Pengembangan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang / Prista Azizah Rahmi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Disiplin belajar siswa siswa SMK Negeri 7 Malang berdasarkan hasil need assesment berada pada kategori sedang dan perlu ditingkatkan. Disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang dapat ditingkatkan melalui layanan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku. Hal tersebut didukung dengan penelitian terdahulu yang menyatakan layanan konseling individu menggunakan teknik behavioral contract efektif meningkatkan disiplin belajar siswa. Pada penelitian tersebut layanan konseling individu dengan teknik behavioral contract digunakan untuk menangani perilaku siswa SMAN Banjarmasin yang terlambat masuk sekolah sedangkan pada penelitian ini layanan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku digunakan untuk menangani perilaku siswa SMK Negeri 7 Malang yang tidak setiap hari meluangkan waktu belajar di rumah tidak setiap hari membaca kembali catatan pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru tidak setiap hari mencari tambahan referensi pelajaran yang sudah diajarkan oleh guru tidak mencari referensi bahan belajar yang akan dipelajari di keesokan hari dan tidak membaca materi yang akan dipelajari di keesokan hari. Dalam pemberian layanan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang konselor SMK Negeri 7 Malang membutuhkan media berupa buku panduan sebagai sarana untuk memperlancar proses pemberian layanan. Pada penelitian terdahulu telah dihasilkan panduan konseling behavioral teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan kedisiplinan belajar siswa SMP namun panduan tersebut dikembangkan berdasarkan karakteristik siswa SMP sehingga kurang cocok digunakan untuk mengintervensi siswa SMK Negeri 7 Malang. Oleh karena itu perlu dikembangkan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa yang sesuai dengan karakteristik siswa SMK Negeri 7 Malang. Tujuan dari penelitian ini yaitu dihasilkan produk berupa panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang yang memenuhi kriteria akseptabilitas meliputi ketepatan kegunaan kejelasan dan kemenarikan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R amp D) yang diadaptasi dari model pengembangan Borg amp Gall. Prosedur penelitian dan pengembangan menggunakan enam tahap yaitu penelitian dan pengumpulan data penyusunan panduan uji ahli revisi uji ahli uji calon pengguna dan revisi uji calon pengguna. Subjek penelitian ini yakni satu ahli materi satu ahli media dan dua konselor SMK Negeri 7 Malang sebagai calon pengguna. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket uji ahli materi angket uji ahli media serta angket uji calon pengguna produk. Analisis data pada penelitian berupa analisis data kuantitatif dan data deskriptif. Analisis data kuantitatif menggunakan rumus rata-rata (mean) untuk penilaian uji ahli materi dan uji ahli media serta rumus inter-rater agreement model untuk penilaian uji calon pengguna sedangkan analisis data deskriptif menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang yang memiliki komponen terdiri dari kata pengantar daftar isi daftar lampiran daftar gambar daftar tabel bagian I pendahuluan bagian II pembahasan bagian III petunjuk pelaksanaan bagian IV panduan khusus setiap pertemuan bagian V penutup daftar rujukan dan profil pengembang. Panduan yang dihasilkan memenuhi kriteria akseptabilitas yang meliputi ketepatan kegunaan kejelasan dan kemenarikan berdasarkan uji ahli materi uji ahli media dan uji calon pengguna. Berdasarkan hasil penelitian terkait pengembangan panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang maka peneliti memiliki beberapa saran diantaranya (1) bagi konselor SMK Negeri 7 Malang diharapkan dapat menggunakan hasil pengembangan berupa panduan konseling individu pendekatan behavioral dengan teknik kontrak perilaku untuk meningkatkan disiplin belajar siswa SMK Negeri 7 Malang dengan pendekatan Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) (2) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan uji efektivitas panduan melalui penelitian eksperimen agar mendapatkan hasil yang akurat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263476

Actions (login required)

View Item View Item