Keefektifan layanan informasi via jejaring sosial instagram terhadap aktualisasi diri peserta didik / Melenia Ayu Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan layanan informasi via jejaring sosial instagram terhadap aktualisasi diri peserta didik / Melenia Ayu Saputri

Saputri, Melenia Ayu (2022) Keefektifan layanan informasi via jejaring sosial instagram terhadap aktualisasi diri peserta didik / Melenia Ayu Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aktualisasi diri merupakan kebutuhan setiap individu. Dalam dunia pendidikan membantu perwujudan aktualisasi diri merupakan salah satu tugas Bimbingan dan Konseling. Salah satu layanan Bimbingan dan Konseling yang dapat diterapkan untuk membantu peserta didik mewujudkan aktualisasi diri adalah layanan informasi. Pemberian layanan informasi dapat diberikan secara klasikal sehingga akan memudahkan pemerataan dalam pemberian layanan. Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling dengan mengikuti perkembangan teknologi akan menambah efisiensi dan antusias peserta didik sehingga tujuan layanan mudah tercapai. Peserta didik usia SMP saat ini masuk ke dalam generasi Z sehingga sudah familiar dalam penggunaan gadget dan berbagai jejaring sosial. Salah satu jejaring sosial yang saat ini eksis dikalangan remaja adalah instagram. Oleh karena itu penelitian tentang keefektifan layanan informasi tentang aktualiasi diri via instagram perlu dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan layanan informasi via jejaring sosial instagram terhadap aktualisasi diri peserta didik. Hal ini ditinjau berdasarkan analisis data dari skala aktualisasi diri. Penelitian ini merupakan penelitian experimental. Rancangan penelitian yang digunakan pretest-posttest control group design. Rancangan pelaksanaan penelitian ini meliputi pretest treatment dan posttest. Adapun analisis data memakai teknik uji t dengan independent sample test. Hasil analisis data menggunakan uji t dengan independent sample test menunjukkan saat pretest tidak terdapat perbedaan yang signifikan tingkat aktualisasi diri peserta didik kelas kontrol dan eksperimen (Sig. (2-tailed) sebesar 0.137 gt 0.05) kemudian saat posttest menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan tingkat aktualisasi diri peserta didik kelas kontrol dan eksperimen (Sig. (2-tailed) sebesar 0.003 lt 0.05). Berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan nilai rata-rata output pada kelas eksperimen lebih tinggi sebesar 99.59 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 93.63. Berdasarkan output tersebut dapat disimpulkan bahwa layanan informasi via jejaring sosial instagram efektif untuk meningkatkan aktualisasi diri peserta didik Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263474

Actions (login required)

View Item View Item