Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa smp dalam pembelajaran matematika sinkronus di masa new normal pandemi covid - 19 / Ratna Afiah Awwalu Rohmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa smp dalam pembelajaran matematika sinkronus di masa new normal pandemi covid - 19 / Ratna Afiah Awwalu Rohmah

Rohmah, Ratna Afiah Awwalu (2022) Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa smp dalam pembelajaran matematika sinkronus di masa new normal pandemi covid - 19 / Ratna Afiah Awwalu Rohmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran daring menjadi rutinitas baru bagi pendidikan di masa new normal pandemi covid-19 pada tahun 2020. Pemerintah mewajibkan aturan pembelajaran daring sebagai satu cara untuk mengurangi mobilitas sosial di masa pandemi. Pembelajaran daring dilaksanakan melalui dua metode yaitu sinkronus dan asinkronus. Penerapan pembelajaran daring sinkronus memunculkan masalah kecemasan pada siswa. Treatment perlu diberikan untuk mengurangi peningkatan kecemasan dalam pembelajaran sinkronus bagi siswa. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan Konseling Kognitif Perilaku (KKP) untuk mengurangi kecemasan siswa dalam pembelajaran matematika sinkronus di masa new normal pandemi covid-19. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi eksperimen) dengan desain one group pretest and posttest. Subyek dalam penelitian ini adalah 10 siswa yang diambil berdasarkan hasil dari skala kecemasan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala kecemasan dalam pembelajaran matematika sinkronus dengan jumlah 32 item favorable dan pedoman eksperimen yang disusun sebagai acuan dalam memberikan treatment. Teknik analisis data menggunakan statistik non parametrik dengan teknik uji wilcoxon. Asumsi peneliti menggunakan statistik non parametrik karena jumlah sampel kecil ( lt 30) dan menggunakan uji wilcoxon untuk melihat perbedaan antara sebelum dan sesudah diberikan treatment. Hasil penelitian didapatkan bahwasannya pelaksanaan kegiatan konseling kelompok kognitif perilaku berjalan dengan baik sesuai dengan jadwal dan pedoman eksperimen yang telah disusun. Hasil uji hipotesis yang dilakukan menunjukkan bahwa Konseling Kognitif Perilaku efektif dapat mengurangi kecemasan dalam pembelajaran matematika sinkronus. Penurunan skor kecemasan siswa ditunjukkan melalui uji wilcoxon didapatkan nilai asymp. sig. (2-tailed) sebesar 0 005 yang artinya jika kurang dari 0 05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disarankan agar 1) Konselor dapat menerapkan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi tingkat kecemasan 2) Peneliti selanjutnya dapat meneliti pendekatan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan lebih lanjut khususnya di masa pasca pandemi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263473

Actions (login required)

View Item View Item