Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa SMP dalam menghadapi penilaian akhir semester pada era new normal pandemi covid-19 / Ria Agustina - Repositori Universitas Negeri Malang

Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa SMP dalam menghadapi penilaian akhir semester pada era new normal pandemi covid-19 / Ria Agustina

Agustina, Ria (2022) Keefektifan konseling kognitif perilaku untuk mengurangi kecemasan siswa SMP dalam menghadapi penilaian akhir semester pada era new normal pandemi covid-19 / Ria Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kecemasan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan permasalahan yang dapat mengganggu proses belajar siswa di sekolah apabila tidak segera diselesaikan. Berdasarkan hasil observasi peneliti melihat cukup banyak siswa SMPN 13 Malang kelas IX yang mengalami kecemasan dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Teknik Restrukturisasi Kognitif dianggap sebagai salah saatu teknik yang tepat dalam mereduksi kecemasan siswa dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) dimama dalam pemberian treatment siswa dilatih untuk mengidentifikasi mengevaluasi dan merubah pikiran- pikiran irasional dan keyakinan dirinya yang tidak tepat menjadi pikiran-pikiran yang lebih tepat rasional dan objektif sehingga mampu mengembangkan perasaan dan emosi yang lebih tepat serta perilaku yang lebih efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menguji keefektifan konseling kognitif perilaku dengan teknik restrukturisasi kognitif dalam mereduksi kecemasan siswa menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS). Rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dan menggunakan desain penelitian one-group pretest-posttest design. Intrumen yang digunakan dalam pemberian pretest dan posttest yakni berupa inventori kecemasan siswa dalam menghadapi PAS. Uji validitas instrument kecemasan siswa dalam menghadapi PAS menggunakan product moment pada seluruh item. Kemudian diuji reliabilitasmya dam diperoleh nilai Cronbach rsquo s Alpha yang menunjukkan bahwa instrument penelitian dikatakan reliabel. Untuk pemilihan subjek dalam penelitian ini berdasarkan skor pretest yang menunjukkan tingkat kecemasan dalam menghadapi PAS cukup tinggi. Pengujian hipotesis pada penelitian ini dilakukan menggunakan uji beda Wilcoxon Signed Rank Test dengan membandingkan skor pretest dan posttest yang menunjukkan ada perbedaan tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi Penilaian Akhir Semester (PAS) setelah diberikan treatment dengan teknik retrukturisasi kognitif. Jadi konseling kognitif perilaku efektif untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa SMPN 13 Malang dalam menghadapi ujian pada era new normal pandemi covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263472

Actions (login required)

View Item View Item