Hubungan self efficacy dan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas xi SMA Laboratorium UM Malang / M. Alvy Syahrin Mi roj - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan self efficacy dan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas xi SMA Laboratorium UM Malang / M. Alvy Syahrin Mi roj

Mi'roj, M. Alvy Syahrin (2022) Hubungan self efficacy dan self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas xi SMA Laboratorium UM Malang / M. Alvy Syahrin Mi roj. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Mi rsquo roj M. Alvy Syahrin. 2022. Hubungan Self Efficacy dan Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik Siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Skripsi. Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Djoko Budi Santoso M.Pd (II) Dra. Elia Flurentin M.Pd Kata Kunci self efficacy self regulated learning prokrastinasi akademik Prokrastinasi akademik merupakan perilaku menunda untuk memulai dan menyelesaikan tugas secara sengaja dengan melakukan kegiatan lain yang tidak bermanfaat. Adanya prokrastinasi akademik karena individu memiliki kemampuan self efficacy dan self regulated learning rendah. Self efficacy merupakan keyakinan siswa terhadap kemampuan diri untuk mengelola serta melakukan serangkaian tindakan demi tercapainya suatu tujuan yang telah ditentukan. Self regulated learning yaitu kemampuan siswa dalam mengatur tanggung jawab serta kemampuan kontrol diri dalam mencapai kesuksesan tujuan belajar yang telah ditentukan. Tujuan penelitian untuk (1) mengetahui hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang (2) mengetahui hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang dan (3) mengetahui hubungan antara self efficacy dan self regulated learning secara simultan dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskripstif-korelasional. Penentuan sampel menggunakan teknik probability sampling jenis cluster sampling menggunakan rumus Yamane sebesar 72 orang siswa. Analisis data uji asumsi klasik berupa uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov uji linearitas menggunakan uji ANOVA uji Heteroskedastisitas dan uji Linearitas serta uji Hipotesis menggunakan dengan uji t Parsial. Hasil yang didapat menyebutkan bahwa self efficacy memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik (t 6.190 Sig 0.000) self regulated learning memiliki hubungan dengan prokrastinasi akademik (t 2.356 Sig 0.021) dan antara self efficacy dan self regulated learning secara simultan dengan prokrastinasi akademik tidak memiliki hubungan (t -0.907 Sig 0.367). Hasil yang didapat menunjukkan bahwa (1) terdapat hubungan antara self efficacy dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang (2) terdapat hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang dan (3) tidak terdapat hubungan antara self efficacy dan self regulated learning secara simultan dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Laboratorium UM Malang. Berdasarkan hasil yang didapat maka peneliti menyarankan pada guru bimbingan dan konseling sekolah agar memberikan komponen layanan reponsif dengan tujuan dapat meningkatkan kemampuan self efficacy dan self regulated learning serta dapat menurunkan prokrastinasi akademik yang dialami siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/263469

Actions (login required)

View Item View Item